Sari, Ni Putu Ayu Ratih Sekar (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-FUN THINKERS BERBASIS APLIKASI SMART APPS CREATOR 3 PADA TEMA CUACA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031208-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031208-ABSTRAK.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031208-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031208-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031208-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (701kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031208-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031208-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031208-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031208-LAMPIRAN.pdf Download (28MB) |
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media pembelajaran E-Fun Thinkers berbasis Smart Apps Creator 3 pada Tema Cuaca untuk siswa kelas III SD, (2) mendeskripsikan validitas media pembelajaran E-Fun Thinkers berbasis Smart Apps Creator 3 pada Tema Cuaca untuk siswa kelas III SD, (3) mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran E-Fun Thinkers berbasis Smart Apps Creator 3 pada Tema Cuaca untuk siswa kelas III SD, dan (4) mendeskripsikan bahwa pengembangan media pembelajaran E-Fun Thinkers berbasis Smart Apps Creator 3 pada Tema Cuaca efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah 2 ahli isi/materi pembelajaran, 2 ahli media pembelajaran, 2 praktisi, dan 2 rombel siswa kelas III SD Negeri 5 Dauhwaru. Sedangkan objek penelitian yaitu media pembelajaran E-Fun Thinkers berbasis Aplikasi Smart Apps Creator 3 pada Tema Cuaca. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) menghasilkan produk berupa media pembelajaran E-Fun Thinkers berbasis Aplikasi Smart Apps Creator 3 pada Tema Cuaca, (2) media pembelajaran E-Fun Thinkers berbasis Aplikasi Smart Apps Creator 3 pada Tema Cuaca memperoleh validitas yang sangat baik dengan tingkat pencapaian 96,5% oleh ahli isi/materi pembelajaran dan 93,5% oleh ahli media pembelajaran, (3) memperoleh tingkat kepraktisan sebesar 95% oleh respon praktisi, 99% oleh siswa dalam uji perorangan, 97,46% oleh siswa dalam uji kelompok kecil, dan (4) memperoleh nilai t-hitung sebesar 16,207 yang artinya lebih besar dari t-tabel 2,045 (taraf signifikasi 0,05), sehingga media pembelajaran E-Fun Thinkers berbasis Aplikasi Smart Apps Creator 3 pada Tema Cuaca efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, media pembelajaran digital, fun thinkers elektronik, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Ayu Ratih Sekar Sari |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:47 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 02:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24755 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |