Rahadi, I Wayan Selamet (2025) Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis PQ4R Pada Platform Elearning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XII Materi Geometri. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2123011015-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2123011015-ABSTRAK.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2123011015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123011015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123011015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123011015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2123011015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123011015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2123011015-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Berdasarkan analisis yang dilakukan di tingkat SMA, ditemukan bahwa beberapa siswa masih belum dapat memahami konsep matematika secara efektif. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap masalah ini adalah kurangnya media instruksional yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis PQ4R pada platform e-learning sebagai media pengajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas 12. Penelitian ini merupakan penelitian desain dengan prosedur penelitian Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap penelitian pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap penilaian. Subjek penelitian adalah siswa kelas 12 dari SMA Negeri 1 Ubud. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen validasi produk, instrumen praktikalitas, kuesioner guru dan siswa, serta instrumen efektivitas berupa pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) hasil validasi ahli skor 4,68 kategori valid, (2) hasil uji kepraktisan penggunaan produk menghasilkan skor 92,64 kategori praktis (3) hasil uji efektifitas penggunaan produk menghasilkan skor 0,77 kategori efektif. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa secara signifikan dengan menggunakan e-modul interaktif berbasis PQ4R yang digunakan. Dalam strategi belajar PQ4R, tahap Reflect memiliki peran paling penting dalam meningkatkan pemahaman konsep, karena siswa menghubungkan informasi baru dengan pengetahuan sebelumnya serta menganalisis dan mengevaluasi makna dari informasi tersebut. Karakteristik utama dari produk yang dikembangkan yaitu akses secara online terintegrasi pada e-learning, terdapat pelaporan setiap aktivitas siswa, menggunakan metode yang sistematis, penyajian materi khusus untuk konsep lingkaran, dan beberapa fitur interaktif yang disajikan di dalam modul. Produk yang dikembangkan telah efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa, namun masih dapat dikembangkan lebih lanjut melalui integrasi Artificial Intelligence (AI) untuk memperluas konten, menyesuaikan dengan kebutuhan siswa, dan memberikan umpan balik otomatis secara real-time.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-learning, e-modul interaktif, geometri, pemahaman konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | I Wayan Selamet Rahadi |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 02:10 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 02:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24785 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |