Hodijah, Imas Siti (2025) Efektivitas Konseling Cognitive Behavioral dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar dan Kontrol Diri Siswa. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329111019-COVER.pdf Download (689kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329111019-ABSTRAK.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329111019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329111019-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329111019-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329111019-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329111019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329111019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329111019-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
A B S T R A K Hodijah, Imas Siti (2025), Efektivitas Konseling Cognitive Behavioral dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar dan Kontrol Diri Siswa di SMK PUI Jatibarang. Tesis, Bimbingan Konseling, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Ketut Gading, M.Psi dan Pembimbing II: Dr. Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri, S.Psi., M.A., M.Psi., Psikolog. Kata-kata kunci: kedisiplinan belajar, konseling cognitive behavioral, kontrol diri siswa, self-management. Permasalahan rendahnya kedisiplinan dan lemahnya kontrol diri sering kali menjadi hambatan utama dalam pencapaian prestasi akademik serta perkembangan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan konseling cognitive behavioral dengan teknik self-management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar dan kontrol diri siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu pretest-posttest control group design, melibatkan 60 siswa kelas X TSM 1 dan kelas X TSM 2 dari SMK PUI Jatibarang yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen (30 siswa kelas X TSM 1) dan kelompok kontrol (30 siswa kelas X TSM 2). Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner kedisiplinan belajar dan kuesioner kontrol diri yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan melalui Uji MANOVA setelah memenuhi uji prasyarat normalitas, homogenitas, dan multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti layanan konseling cognitive behavioral dengan teknik self-management mengalami peningkatan yang signifikan pada kedua variabel secara simultan (p < 0,5). Temuan dari hasil penelitian ini bahwa konseling cognitive behavioral dengan teknik self-management efektif dalam membantu siswa mengenali pola pikir negatif, menetapkan tujuan belajar, mengatur perilaku secara mandiri, dan memperkuat kontrol diri terhadap dorongan impulsif. Implikasi dari penelitian ini mendorong integrasi konseling cognitive behavioral teknik self-management dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah sebagai upaya strategis dalam membentuk kedisiplinan akademik dan kemandirian emosional siswa secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan belajar, konseling cognitive behavioral, kontrol diri siswa, self-management. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2) |
Depositing User: | Imas Siti Hodijah |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 08:36 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 08:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24825 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |