Murdani, Komang (2025) EFEKTIVITAS KONSELING KOGNITIF PERILAKU DENGAN TEKNIK MENCONTOH UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR DAN KONTROL DIRI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 ABIANSEMAL. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329111015-Cover.pdf Download (795kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329111015-Abstrak.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329111015-BAB 1 Pendahuluan.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329111015-BAB 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329111015-BAB 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (883kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329111015-BAB 4 Hasil Dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329111015-BAB 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329111015-Daftar Pustaka.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329111015-Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas teori konseling kognitif perilaku dengan teknik mencontoh dalam meningkatkan disiplin belajar dan kontrol diri siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Abiansemal. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya tingkat kedisiplinan dan kontrol diri siswa yang dapat menghambat proses belajar dan pembentukan karakter positif. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan berupa konseling kognitif perilaku dengan teknik mencontoh, serta kelompok kontrol tanpa perlakuan khusus. Pelaksanaan konseling pada kelompok eskeprimen menggunakan panduan konseling kognitif perilaku tehnik mencontoh yang telah ditelaah oleh pakar dan memenuhi kriteria panduan yang layak. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner disiplin belajar dan kontrol diri yang disusun dengan model skala likerts yang digunakan dalam penelitian ini telah memenuhi validasi dan reliabalitas yaitu skor realiabelitas pada setiap skala yaitu di atas nilai R Tabel yaitu 0.32. Skala likert, dan analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada nilai posttest kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol, baik pada aspek disiplin belajar (nilai rata-rata posttest = 90,4) maupun kontrol diri (nilai rata-rata posttest = 88,7), dengan signifikansi p < 0,05.Analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan melalui uji t-test independent sampel untuk setiap variabel bebas dan perhitungan effek size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konseling kognitif perilaku efektif untuk meningkatkan disiplin belajar (2) konseling kognitif perilaku efektif untuk meningkatkan kontrol diri (3) dan secara bersama-sama konseling kognitif perilaku efektif untuk meningkatkan disiplin belajar dan kontrol diri siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa konseling kognitif perilaku dengan teknik mencontoh efektif dalam meningkatkan kedisiplinan dan kontrol diri siswa. Penelitian ini merekomendasikan penerapan pendekatan ini dalam layanan bimbingan dan konseling untuk membantu siswa mengembangkan perilaku belajar yang positif dan kemampuan regulasi diri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Kognitif Perilaku1, Teknik Mencontoh2, Disiplin Belajar3, Kontrol Diri4 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2) |
Depositing User: | Ni Komang Murdani |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 07:53 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 07:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24868 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |