Widiastari, Kadek (2019) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA KELAS XI SEMESTER II BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1723071016-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1723071016-ABSTRAK.pdf Download (394kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1723071016-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (252kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1723071016-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1723071016-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723071016-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1723071016-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723071016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku ajar kimia berbasis representasi jamak untuk kelas XI Semester II yang valid, praktis, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi model 4-D dari Thiagarajan, namun tahap yang dilakukan hanya tahap define, design, dan develop. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 4 Denpasar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket analisis kebutuhan, lembar penilaian validasi, lembar penilaian kepraktisan, tes, dan angket respons guru dan siswa terhadap penerapan buku ajar berbasis representasi jamak. Data hasil penelitian ini meliputi data pada tahap analisis kebutuhan, data hasil perancangan produk, data hasil pengembangan draft awal buku ajar berbasis representasi jamak, yang meliputi data validitas, kepraktisan, efektivitas, serta data respons guru dan siswa terhadap penerapan buku ajar berbasis representasi jamak. Data yang didapatkan dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah: 1) buku ajar yang dikembangkan memiliki karakteristik menampilkan tiga representasi konsep kimia (makroskopik, sub-mikroskopik, dan simbolik), 2) validitas buku ajar yang dikembangkan berkategori sangat valid, 3) tingkat kepraktisan buku ajar yang dikembangkan berkategori sangat praktis, dan 4) berdasarkan uji efektivitas, buku ajar yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku ajar, hasil belajar, kimia, representasi jamak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Kadek Widiastari |
Date Deposited: | 21 Oct 2019 03:46 |
Last Modified: | 21 Oct 2019 03:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/249 |
Actions (login required)
View Item |