Angkouw, Oktavia Christin (2025) EFEKTIVITAS TEORI KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK RELAKSASI DALAM MENURUNKAN KEJENUHAN DAN KETEGANGAN PADA SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329111008-COVER.pdf Download (879kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329111008-ABSTRAK.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329111008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329111008- BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) | Request a copy |
![]() |
Text (METODELOGI PENELITIAN)
2329111008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2328111008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329111008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329111008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (443kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329111008-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling behavioral dengan teknik relaksasi dalam menurunkan kejenuhan dan ketegangan belajar pada siswa. Masalah kejenuhan dan ketegangan dalam belajar menjadi salah satu faktor yang menghambat optimalisasi proses pembelajaran dan pencapaian akademik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pretest posttest design. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa yang menunjukkan tingkat kejenuhan dan ketegangan belajar yang tinggi. Intervensi diberikan dalam bentuk konseling behavioral dengan teknik relaksasi selama 8 sesi, terdiri dari 4 sesi untuk mengatasi kejenuhan dan 4 sesi untuk mengurangi ketegangan. Instrumen yang digunakan berupa skala kejenuhan dan ketegangan belajar. Analisis data menggunakan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) untuk melihat perbedaan antara skor pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan yang signifikan pada kedua variabel. Rata-rata skor kejenuhan menurun dari 117,3 (kategori tinggi) menjadi 96,6 (kategori rendah), dan skor ketegangan menurun dari 117,4 menjadi 96,7. Hasil uji MANOVA menunjukkan nilai signifikansi (p < 0,05) dan nilai partial eta squared yang besar, yang mengindikasikan pengaruh yang kuat dari treatment. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa konseling behavioral dengan teknik relaksasi efektif dalam menurunkan kejenuhan dan ketegangan pada siswa. Pendekatan ini dapat menjadi alternatif intervensi dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kejenuhan, Ketegangan, Konseling Behavioral, Teknik Relaksasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2) |
Depositing User: | Oktavia Christin Angkouw |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 09:45 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 09:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |