GAME EDUKASI 3D SEJARAH PUPUTAN BADUNG BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN SEJARAH BAGI PENYANDANG TUNA RUNGU

Mahardaya Kumara, Komang (2025) GAME EDUKASI 3D SEJARAH PUPUTAN BADUNG BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN SEJARAH BAGI PENYANDANG TUNA RUNGU. GAME EDUKASI 3D SEJARAH PUPUTAN BADUNG BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN SEJARAH PENYANDANG TUNA RUNGU. (Unpublished)

[img] Text (COVER)
2255013009-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2255013009-ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2255013009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (263kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2255013009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2255013009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2255013009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2255013009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2255013009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2255013009-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan dan mengimplementasikan Game 3D Edukasi Puputan badung berbasis Android untuk penyandang disabilitas tuna rungu, (2) mengetahui respon pengguna terhadap Game 3D Edukasi Puputan badung berbasis Android untuk meningkatkan pengetahuan penyandang tuna rungu mengenai sejarah Puputan badung. Target dari penelitian ini yaitu penyandang disabilitas tuna rungu. Pengujian game ini melibatkan 20 responden yaitu 2 responden dosen dan 18 responden siswa-siswa tuna rungu di SLBN 1 Tabanan. Hasil penelitian berdasarkan uji UEQ menunjukkan bahwa (1) Pengembangan game edukasi 3D "Puputan badung" berbasis Android telah berhasil dilaksanakan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) implementasi metode ini menghasilkan game edukasi yang memenuhi standar kualitas dan kebutuhan pengguna, khususnya siswa tunarungu di SLB N 1 Tabanan. Game ini berhasil mengintegrasikan aspek edukasi sejarah Puputan badung dengan elemen gameplay yang menarik melalui genre tower defense, (2) Hasil pengujian menggunakan metode UEQ (User Experience Questionnaire) menunjukkan respon positif dari pengguna dengan nilai rata-rata yang memuaskan. Game ini berhasil menciptakan pengalaman pembelajaran yang inklusif bagi siswa tunarungu melalui implementasi subtitle bahasa isyarat (SIBI) dan tampilan feedback yang jelas, membuktikan bahwa teknologi game dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang efektif bagi siswa berkebutuhan khusus.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (D4)
Depositing User: KOMANG MAHARDAYA KUMARA
Date Deposited: 02 Jul 2025 05:24
Last Modified: 02 Jul 2025 05:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25039

Actions (login required)

View Item View Item