Mahardaya Kumara, Komang (2025) GAME EDUKASI 3D SEJARAH PUPUTAN BADUNG BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN SEJARAH BAGI PENYANDANG TUNA RUNGU. GAME EDUKASI 3D SEJARAH PUPUTAN BADUNG BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN SEJARAH PENYANDANG TUNA RUNGU. (Unpublished)
![]() |
Text (COVER)
2255013009-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2255013009-ABSTRAK.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2255013009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2255013009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2255013009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2255013009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (678kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2255013009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2255013009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2255013009-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan dan mengimplementasikan Game 3D Edukasi Puputan badung berbasis Android untuk penyandang disabilitas tuna rungu, (2) mengetahui respon pengguna terhadap Game 3D Edukasi Puputan badung berbasis Android untuk meningkatkan pengetahuan penyandang tuna rungu mengenai sejarah Puputan badung. Target dari penelitian ini yaitu penyandang disabilitas tuna rungu. Pengujian game ini melibatkan 20 responden yaitu 2 responden dosen dan 18 responden siswa-siswa tuna rungu di SLBN 1 Tabanan. Hasil penelitian berdasarkan uji UEQ menunjukkan bahwa (1) Pengembangan game edukasi 3D "Puputan badung" berbasis Android telah berhasil dilaksanakan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) implementasi metode ini menghasilkan game edukasi yang memenuhi standar kualitas dan kebutuhan pengguna, khususnya siswa tunarungu di SLB N 1 Tabanan. Game ini berhasil mengintegrasikan aspek edukasi sejarah Puputan badung dengan elemen gameplay yang menarik melalui genre tower defense, (2) Hasil pengujian menggunakan metode UEQ (User Experience Questionnaire) menunjukkan respon positif dari pengguna dengan nilai rata-rata yang memuaskan. Game ini berhasil menciptakan pengalaman pembelajaran yang inklusif bagi siswa tunarungu melalui implementasi subtitle bahasa isyarat (SIBI) dan tampilan feedback yang jelas, membuktikan bahwa teknologi game dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang efektif bagi siswa berkebutuhan khusus.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (D4) |
Depositing User: | KOMANG MAHARDAYA KUMARA |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 05:24 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 05:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25039 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |