Putri, Putu Eka Widyantini (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PjBL-STEAM MERU BALI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2123011016-COVER)
2123011016-Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (2123011016-ABSTRAK)
2123011016-Abstrak.pdf Download (440kB) |
![]() |
Text (2123011016-BAB 1 PENDAHULUAN)
2123011016-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text (2123011016-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123011016-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2123011016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123011016-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2123011016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123011016-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (2123011016-BAB 5 PENUTUP)
2123011016-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2123011016-DAFTAR PUSTAKA)
2123011016-Daftar Pustaka.pdf Download (457kB) |
![]() |
Text (2123011016-LAMPIRAN)
2123011016-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) yang dipadukan dengan pendekatan STEAM berbasis budaya lokal yakni bangunan suci Meru Bali terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Gagasan ini muncul dari kebutuhan untuk menghadirkan pembelajaran matematika yang lebih kontekstual dan bermakna bagi siswa, dengan mengaitkannya langsung pada budaya yang mereka kenal dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian dilaksanakan dalam dua tahap: eksplorasi kualitatif untuk mengidentifikasi konten etnomatematika pada struktur bangunan Meru, dan eksperimen kuantitatif dengan desain post-test only control group. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Singaraja, yang terdiri atas 31 siswa pada kelas eksperimen dan 32 siswa pada kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran PjBL-STEAM dengan konten bangunan Meru, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional kooperatif tipe STAD. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test siswa di kelas eksperimen adalah 81,84, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 73,05. Uji hipotesis menggunakan independent sample t-test menunjukkan nilai p = 0,024, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Uji normalitas juga menunjukkan bahwa data berdistribusi normal (p eksperimen = 0,084; p kontrol = 0,087), dan uji homogenitas menunjukkan varians yang homogen (p = 0,377). Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model PjBL-STEAM berbasis bangunan Meru mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa secara signifikan. Lebih dari sekadar menghafal rumus, siswa diajak berpikir kritis dan kreatif, merancang proyek nyata, dan memahami bagaimana matematika hadir dalam budaya dan struktur bangunan di sekitarnya. Hal ini tidak hanya meningkatkan hasil belajar, tetapi juga membangun keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa. Dengan demikian, integrasi antara pembelajaran berbasis proyek, pendekatan STEAM, dan kearifan lokal seperti bangunan Meru Bali dapat menjadi alternatif inovatif dalam mengatasi tantangan pembelajaran matematika di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PjBL-STEAM, Meru Bali, Etnomatematika, Pemahaman Konsep, Pembelajaran Kontekstual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Putu Eka Widyantini Putri |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 08:37 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 08:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25046 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |