Elma Triana Gayatri, Ni Nyoman (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI UNTUK KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SD NEGERI 1 PUPUAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2011031278-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2011031278-ABSTRAK.pdf Download (576kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031278-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (563kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031278-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (661kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031278-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (807kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031278-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031278-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031278-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (551kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2011031278-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa kelas I SD Negeri 1 Pupuan . Penelitian pengembangan ini memiliki 3 tujuan,yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun media pembelajaran interkatif berbasis game edukasi membaca, (2) mengetahui validitas isi hasil pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi membaca, (3) mengetahui respon praktisi dan siswa dalam menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi membaca. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan , yaitu (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan angket/ kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi membaca yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas isi media sebesar 0,97 dengan predikat sangat valid, (2) tingkat pencapaian respon praktisi/guru terhadap media pembelajaran interkatif berbasis game edukasi membaca adalah sebesar 96,5% dengan predikat sangat baik, (4) tingkat pencapaian respon siswa adalah sebesar 97,7% dengan predikat sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interkatif berbasis game edukasi untuk kemampuan membaca siswa kelas I SD Negeri 1 Pupuan dianggap valid, dan praktis sehingga laya digunakan dalam proses pembelajaran Kata Kunci : Pengembangan, Game Edukasi Membaca, Kemampuan Membaca
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Game Edukasi Membaca, Kemampuan Membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI NYOMAN ELMA TRIANA GAYATRI |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 05:33 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 05:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25060 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |