PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI UNTUK KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SD NEGERI 1 PUPUAN

Elma Triana Gayatri, Ni Nyoman (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI UNTUK KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SD NEGERI 1 PUPUAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031278-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031278-ABSTRAK.pdf

Download (576kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031278-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (563kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031278-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031278-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031278-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031278-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031278-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (551kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031278-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa kelas I SD Negeri 1 Pupuan . Penelitian pengembangan ini memiliki 3 tujuan,yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun media pembelajaran interkatif berbasis game edukasi membaca, (2) mengetahui validitas isi hasil pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi membaca, (3) mengetahui respon praktisi dan siswa dalam menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi membaca. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan , yaitu (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan angket/ kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi membaca yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas isi media sebesar 0,97 dengan predikat sangat valid, (2) tingkat pencapaian respon praktisi/guru terhadap media pembelajaran interkatif berbasis game edukasi membaca adalah sebesar 96,5% dengan predikat sangat baik, (4) tingkat pencapaian respon siswa adalah sebesar 97,7% dengan predikat sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interkatif berbasis game edukasi untuk kemampuan membaca siswa kelas I SD Negeri 1 Pupuan dianggap valid, dan praktis sehingga laya digunakan dalam proses pembelajaran Kata Kunci : Pengembangan, Game Edukasi Membaca, Kemampuan Membaca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Game Edukasi Membaca, Kemampuan Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI NYOMAN ELMA TRIANA GAYATRI
Date Deposited: 02 Jul 2025 05:33
Last Modified: 02 Jul 2025 05:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25060

Actions (login required)

View Item View Item