PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PERMEN JELLY MARKISA PADA MATA KULIAH PRESERVASI PANGAN

Aryantini, Putu Wika (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PERMEN JELLY MARKISA PADA MATA KULIAH PRESERVASI PANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2015081017-COVER.pdf

Download (842kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2015081017-ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015081017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (286kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015081017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2015081017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015081017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2015081017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015081017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015081017-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media video pembelajaran permen jelly markisa pada mata kuliah Preservasi Pangan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data penelitian yaitu lembar angket validasi ahli untuk ahli materi & ahli media dan angket yang disebar kepada 7 orang mahasiswa prodi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner yang telah menempuh mata kuliah Preservasi Pangan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada 1) tahap define telah dilakukan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan analisis tujuan pembelajaran, 2) tahap design meliputi tahap pra-produksi, tahap produksi, dan tahap pasca produksi, 3) tahap development, dilakukan pembuatan prototype, uji validasi ahli oleh ahli materi dan ahli media, revisi produk dan uji coba produk oleh kelompok kecil terhadap video pembelajaran yang telah dikembangkan. Hasil pengujian oleh ahli materi,ahli media dan hasil uji coba produk oleh kelompok kecil, yaitu 7 orang mahasiswa prodi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner terhadap media video pembelajaran permen jelly markisa memperoleh kategori sangat layak digunakan sebagai media video pembelajaran pada mata kuliah Preservasi Pangan, 4) tahap disseminate dilakukan penyebarluasan video pembelajaran, link YouTube dari video pembelajaran yang telah dibuat kemudian diberikan kepada dosen pengampu mata kuliah Preservasi Pangan pada prodi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner. Kata kunci: Pengembangan Media, Video Pembelajaran, Permen Jelly

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Video Pembelajaran, Permen Jelly.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner (S1)
Depositing User: Putu Wika Aryantini
Date Deposited: 04 Jul 2025 06:54
Last Modified: 04 Jul 2025 06:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25219

Actions (login required)

View Item View Item