Firdhauzi, Ananda (2025) Pengembangan E-modul Matematika dengan Pendekatan Multimodal Berbasis Masalah Kontroversial sebagai Suplemen Pembelajaran Materi Eksponen dan Logaritma dalam Memfasilitasi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1813011091-COVER.pdf Download (619kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1813011091-ABSTRAK.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011091-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011091-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (680kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011091-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011091-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011091-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011091-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1813011091-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kehidupan pada abad 21 mengharuskan berbagai keterampilan dimiliki oleh seseorang. Melalui pendidikan, siswa diharapkan dapat menguasai keterampilan abad 21 agar menjadi pribadi yang berhasil, di antaranya adalah berpikir kritis. Untuk menunjang keterampilan berpikir kritis siswa, perlu dilakukan optimalisasi bahan ajar yang tepat sebagai pendukung perangkat pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah memperoleh e-modul matematika dengan pendekatan multimodal berbasis masalah kontroversial sebagai suplemen pembelajaran materi eksponen dan logaritma dalam memfasilitasi keterampilan berpikir kritis siswa serta mengetahui tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari e-modul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menerapkan model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa angket, tes, dan lembar observasi. Terdapat beberapa karakteristik dari e-modul yang dikembangkan, di antaranya yakni e-modul berupa aplikasi android, disusun dengan pendekatan multimodal, berbasis masalah kontroversial matematika, siswa dapat mengisi secara langsung aktivitas siswa dan latihan soal yang dilengkapi dengan umpan balik. Data tingkat validitas e-modul diperoleh dari angket penilaian ahli media dan ahli materi, dan didapatkan rata – rata skor sebesar 3,8 dengan kategori sangat tinggi. Untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan efektivitas e-modul, maka dilaksanakan uji coba terbatas kepada 19 orang siswa kelas X paket keahlian Rekayasa Perangkat Lunak serta 1 orang guru matematika kelas X di SMKN 2 Kuta Selatan. Data tingkat kepraktisan e-modul diperoleh dari angket respon guru dan respon siswa, dan didapatkan persentase rata – rata sebesar 90,39% dengan kategori sangat praktis. Efektivitas e-modul dilihat melalui ketuntasan klasikal dari 19 orang siswa dan diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 78,94% dengan kategori sangat baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul Matematika, Pendekatan Multimodal, Masalah Kontroversial, Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ananda Firdhauzi |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 04:15 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 04:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25246 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |