Purba, Ezra Elisa (2025) PENGEMBANGAN GAME MATH HUNT BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BANJAR TEGAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111021007-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111021007-ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2111021007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111021007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111021007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111021007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111021007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111021007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111021007-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil rancang bangun pengembangan media pembelajaran Game Math Hunt, mengetahui validitas melalui penilaian ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, mengetahui respon siswa, efektivitas dalam meningkatkan kemampuan metakognitif pada muatan pelajaran matematika. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode angket dan test maka data yang diperoleh akan diolah menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data pada penelitian ini, diperoleh (1) rancang bangun Game Math Hunt, mengikuti tahapan dari model ADDIE (2) validitas game dari ahli isi pembelajaran 91%, ahli desain pembelajaran 90%, ahli media 94%, (4) kepraktisan respon pengguna oleh guru 91%, siswa perorangan 97,66% dan kelompok kecil 98,33% dengan kualifikasi keseluruhan sangat baik, (4) efektivitas pada nilai rata-rata pretest soal essay 57,64 dan posttest 77,80. Perhitungan uji-t berkorelasi menunjukkan nilai sig. yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai t_hitung= 32,377 > t_tabel=2,018. Dengan demikian media Game Math Hunt sangat efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan metakognitif siswa pada muatan pelajaran matematika kelas III di SD Negeri 2 Banjar Tegal. Kata kunci: Pengembangan, Game Math Hunt, Problem Based Learning, ADDIE, Metakognitif, matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan1, Game Math Hunt2, Problem Based Learning3, ADDIE4, Metakognitif5, matematika6. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Ezra Elisa Purba |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 23:56 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 23:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25349 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |