EXPLORING THE EFFECT OF DIGITAL STORYTELLING ON STUDENTS' CRITICAL LISTENING AND THEIR RESPONSES TO ITS IMPLEMENTATION

Dharma, Kadek (2025) EXPLORING THE EFFECT OF DIGITAL STORYTELLING ON STUDENTS' CRITICAL LISTENING AND THEIR RESPONSES TO ITS IMPLEMENTATION. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112021173-COVER.pdf

Download (517kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021173-ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021173-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021173-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021173-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021173-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021173-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021173-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112021173-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mendengarkan secara kritis merupakan keterampilan penting dalam pembelajaran bahasa Inggris, namun keterampilan ini masih kurang mendapatkan perhatian. Di SMA Negeri 1 Kuta Utara, siswa kelas XI menunjukkan prestasi rendah dalam memproses, menganalisis, dan mengevaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak Digital Storytelling (DST) terhadap keterampilan mendengarkan kritis siswa dan mengeksplorasi respons mereka terhadap penggunaannya di kelas. Menggunakan desain campuran berurutan eksplanatori, penelitian ini melibatkan dua kelas yang dipilih melalui sampling acak berkluster: kelompok eksperimen yang diajarkan menggunakan DST dan kelompok kontrol yang diajarkan dengan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui post-test, observasi kelas, dan wawancara siswa. DST diterapkan melalui narasi multimedia yang menggabungkan visual, audio, musik, dan topik lingkungan untuk mendorong keterlibatan kritis. Hasil menunjukkan bahwa kelompok eksperimen unggul dibandingkan kelompok kontrol dalam post-test, menunjukkan peningkatan signifikan dalam kompetensi mendengarkan kritis. Siswa juga merespons positif terhadap DST, melaporkan motivasi yang meningkat, pemahaman yang lebih baik, dan pemikiran reflektif yang lebih baik. Siswa juga menemukan bahwa metode ini menyenangkan dan lebih interaktif daripada pengajaran tradisional. Penggunaan multimedia membantu siswa fokus, memproses informasi secara mendalam, dan menghubungkannya dengan situasi nyata. Kesimpulannya, DST merupakan pendekatan efektif untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan kritis dan keterlibatan siswa di kelas bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Namun, sampel yang terbatas dan durasi penelitian yang singkat dapat memengaruhi generalisasi temuan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi dampaknya dalam jangka panjang dan penerapan metode ini di lingkungan pendidikan yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Digital storytelling, menyimak kritis, tanggapan siswa, metode campuran.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Kadek Dharma Jaya Wardana
Date Deposited: 09 Jul 2025 10:30
Last Modified: 09 Jul 2025 10:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25353

Actions (login required)

View Item View Item