Widnyana, I Made Dwi (2025) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 4 Sd Negeri 6 Panji. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (1911021010-COVER)
1911021010-COVER.pdf Download (411kB) |
![]() |
Text (1911021010-ABSTRAK)
1911021010-ABSTRAK.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text (1911021010-BAB I PENDAHULUAN)
1911021010-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text (1911021010-BAB II KAJIAN PUSTAKA DAN PERUMUSAN HIPOTESIS)
1911021010-BAB II KAJIAN PUSTAKA DAN PERUMUSAN HIPOTESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) | Request a copy |
![]() |
Text (1911021010-BAB III METODE PENELITIAN)
1911021010-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) | Request a copy |
![]() |
Text (1911021010-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1911021010-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (613kB) | Request a copy |
![]() |
Text (1911021010-BAB V PENUTUP)
1911021010-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
![]() |
Text (1911021010-DAFTAR RUJUKAN)
1911021010-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text (1911021010-LAMPIRAN)
1911021010-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama, yaitu: (1) mendeskripsikan proses perancangan dan pengembangan Multimedia Interaktif berbasis pendekatan discovery learning pada mata pelajaran Matematika untuk siswa kelas IV di SD Negeri 6 Panji; (2) mengungkap tingkat validitas dari Multimedia Interaktif tersebut; serta (3) mengevaluasi efektivitas penggunaannya dalam pembelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 6 Panji. Studi ini termasuk dalam kategori penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE, yang terdiri atas lima tahap sistematis: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Untuk memperoleh data yang komprehensif, peneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu wawancara, penyebaran angket (kuesioner), serta tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rancangan Multimedia Interaktif berbasis discovery learning dikembangkan melalui kelima tahapan dalam model ADDIE, yakni tahap analisis untuk mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran, tahap desain untuk merancang kerangka multimedia, tahap pengembangan untuk membangun dan menyusun konten, tahap implementasi untuk mengujicobakan produk, serta tahap evaluasi untuk menilai dan merevisi produk sesuai umpan balik yang diperoleh; (2) validitas produk dikonfirmasi melalui beberapa uji ahli, dengan hasil sebagai berikut: penilaian oleh ahli materi memperoleh skor sebesar 95% yang tergolong dalam kategori sangat baik; penilaian oleh ahli desain pembelajaran mencapai 85,93%, juga termasuk sangat baik; penilaian oleh ahli media pembelajaran sebesar 93,33% dengan kualifikasi sangat baik; uji coba perorangan menunjukkan nilai sebesar 87,73%; dan uji coba kelompok kecil menghasilkan skor 87,38%, keduanya berada pada kualifikasi sangat baik; (3) produk Multimedia Interaktif berbasis discovery learning yang dikembangkan terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV di SD Negeri 6 Panji.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Multimedia Interaktif, Pendekatan Discovery Learning, Matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | I Made Dwi Widnyana |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:11 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25368 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |