PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN SCRATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA

Putri, Putu Sellina (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN SCRATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011083-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011083-ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011083-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (333kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011083-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011083-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011083-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011083-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011083-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011083-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini diawali dari rendahnya kemampuan berpikir komputasional siswa di era serba digital dan teknologi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project-Based Learning berbantuan Scratch terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Singaraja tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian yaitu kelas VIIA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA 8 sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling dari 11 kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir komputasional. Sebelum tes diberikan kepada sampel, instrumen terlebih dahulu diuji melalui validitas isi, validitas butir, dan reliabilitas. Hasil tes menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir komputasional siswa yang dibelajarkan dengan model Project-Based Learning berbantuan Scratch adalah 70,82, sedangkan pada pembelajaran konvensional sebesar 49,18. Analisis data menggunakan uji-t independen pada taraf signifikansi 5%, dengan hasil t_hitung=6,510>t_tabel=1,666. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa yang belajar dengan model Project-Based Learning berbantuan Scratch memiliki kemampuan berpikir komputasional yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Komputasional, Matematika, Project-Based Learning, Scratch
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Putu Sellina Putri
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:40
Last Modified: 14 Jul 2025 07:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25380

Actions (login required)

View Item View Item