Putri, Putu Sellina (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN SCRATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011083-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011083-ABSTRAK.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011083-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011083-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011083-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011083-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011083-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011083-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011083-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini diawali dari rendahnya kemampuan berpikir komputasional siswa di era serba digital dan teknologi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project-Based Learning berbantuan Scratch terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Singaraja tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian yaitu kelas VIIA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA 8 sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling dari 11 kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir komputasional. Sebelum tes diberikan kepada sampel, instrumen terlebih dahulu diuji melalui validitas isi, validitas butir, dan reliabilitas. Hasil tes menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir komputasional siswa yang dibelajarkan dengan model Project-Based Learning berbantuan Scratch adalah 70,82, sedangkan pada pembelajaran konvensional sebesar 49,18. Analisis data menggunakan uji-t independen pada taraf signifikansi 5%, dengan hasil t_hitung=6,510>t_tabel=1,666. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa yang belajar dengan model Project-Based Learning berbantuan Scratch memiliki kemampuan berpikir komputasional yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Komputasional, Matematika, Project-Based Learning, Scratch |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Putu Sellina Putri |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 07:40 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 07:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25380 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |