Putri, Ni Luh Wiji Adnyani (2025) AN ANALYSIS OF COHERENCE AND COHESION IN NARRATIVE TEXT WRITTEN BY ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMA NEGERI 1 SERIRIT ACADEMIC YEAR 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021069-COVER.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021069-ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021069-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021069-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021069-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021069-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021069-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021069-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021069-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan analisis dan pemaparan terkait koherensi dan jenis-jenis kohesi pada teks naratif kelas XI SMA Negeri 1 Seririt tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan desain mixed-method, yaitu desain mixed-method eksplanatori sekuensial yang memadukan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan yang baik dalam membangun koherensi dalam tulisannya, dengan rincian 53% siswa memiliki kemampuan sangat baik, dan 47% siswa memiliki kemampuan baik. Serta siswa juga banyak menggunakan jenis-jenis kohesi, seperti acuan, konjungsi, substitusi, dan kohesi leksikal. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang menggunakan kata she, he, they, and, since, but, day dan lain-lain, yang kesemuanya merupakan bentuk-bentuk kohesi. Selanjutnya, jenis kohesi yang paling banyak digunakan siswa adalah referen, yakni mencapai 50,3%. Konjungsi ditemukan sebanyak 28,2%, substitusi sebanyak 0,18% dan kohesi leksikal sebanyak 21,2%. Dari analisis keseluruhan disimpulkan bahwa koherensi dalam teks dapat dipengaruhi oleh struktur generik teks, hubungan antar paragraf, dan kesesuaian dan konsistensi topik setiap paragraf. Kohesi yang diamati dalam tulisan siswa juga menunjukkan pemahaman mereka yang ada tentang perkembangan hubungan antara kata, frasa, dan kalimat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Koheren, Kohesion, Teks Narrative |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Wiji Adnyani Putri |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 02:04 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 02:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25452 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |