Yuliantari, Made Ayu Dina (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM MATERI BANGUN DATAR PADA MUATAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 6 UBUNG TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031254-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031254-ABSTRAK.pdf Download (816kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031254-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (612kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031254-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031254-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031254-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031254-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031254-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (629kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031254-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang video animasi berbasis open ended problem, (2) mengetahui kelayakan video animasi berbasis open ended problem, (3) mengetahui efektivitas video animasi berbasis open ended problem pada materi bangun datar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas V sekolah dasar dengan jumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, angket, dan tes uraian/essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, kualitatif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) hasil uji rancang bangun media video animasi berbasis open ended problem yang digambarkan dengan flowchart dan storyboard, (2) kelayakan media video animasi berbasis open ended problem ditunjukkan hasil dari uji ahli isi mata pelajaran sebesar 94,64% (sangat baik), uji ahli desain instruksional sebesar 93,75% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 95% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 94,16% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil sebesar 93,33% (sangat baik), serta (3) hasil uji efektivitas media video animasi berbasis open ended problem yang berdasarkan pada hasil uji-t sample dependent diperoleh nilai t_hitung sebesar 24,488 dan t_tabel berdasarkan taraf signifikansi 5% dengan dk – (n – 1) = 27 – 1 = 26 sebesar 2,056. Hasil tersebut menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel (24,488 > 2,056), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media video animasi berbasis open ended problem layak dan efektif digunakan pada materi bangun datar muatan matematika siswa kelas V SD Negeri 6 Ubung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, Video Animasi, Open Ended Problem, Matematika, Bangun Datar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Ayu Dina Yuliantari |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:26 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 01:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25525 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |