INVESTIGATING THE READINESS AND SATISFACTION OF TEACHERS AND STUDENTS AT SMA NEGERI 4 SINGARAJA ON THE IMPLEMENTATION OF CHATGPT AS A TOOL IN ENGLISH LEARNING AND TEACHING

WAHYUDI, MOH RAFLI (2025) INVESTIGATING THE READINESS AND SATISFACTION OF TEACHERS AND STUDENTS AT SMA NEGERI 4 SINGARAJA ON THE IMPLEMENTATION OF CHATGPT AS A TOOL IN ENGLISH LEARNING AND TEACHING. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2112021082-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021082-ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021082-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021082-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2112021082-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021082-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021082-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021082-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112021082-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini menyelidiki kesiapan dan kepuasan siswa dan guru dalam mengimplementasikan ChatGPT sebagai alat pembelajaran dalam pendidikan bahasa Inggris di SMA Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini melibatkan 316 siswa dan 5 guru bahasa Inggris, dengan menggunakan metode campuran desain sekuensial eksplanatori untuk menilai kesiapan dan kepuasan mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelompok menunjukkan tingkat kesiapan yang secara umum siap, ditandai dengan kategori siap tetapi perlu beberapa perbaikan. Para siswa menunjukkan kemahiran dalam fungsi dasar dan penggunaan kembali hasil, yang menunjukkan kepuasan yang tinggi. Namun, kesulitan terlihat dalam menetapkan tujuan, memantau kemajuan, mengakses internet, dan terlalu ketergantungan. Selain itu, para guru menggunakan ChatGPT secara efektif untuk tugas-tugas dasar dan melaporkan kepuasan yang cukup di antara para pengguna aktif, tetapi menekankan kesulitan dalam menghubungkan dengan tujuan pembelajaran, perencanaan pembelajaran yang dipersonalisasi, dukungan TI yang tidak memadai, dan pedoman. Analisis tematik menunjukkan bahwa meskipun kedua kelompok mengakui kegunaan ChatGPT, kekhawatiran tentang ketergantungan yang berlebihan dan masalah etika muncul dari kedua kelompok. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan perlunya pelatihan dan dukungan institusional untuk mengintegrasikan ChatGPT secara efektif ke dalam praktik pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ChatGPT, English language learning, Learning Tool, Readiness, Satisfaction.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Moh Rafli Wahyudi
Date Deposited: 14 Jul 2025 04:14
Last Modified: 14 Jul 2025 04:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25547

Actions (login required)

View Item View Item