PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA SUB MATERI PRINSIP KERJA SISTEM PENGAPIAN UNTUK MANAJEMEN KELAS TEKNIK KENDARAAN RINGAN

Wirawan, Kadek Yudi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA SUB MATERI PRINSIP KERJA SISTEM PENGAPIAN UNTUK MANAJEMEN KELAS TEKNIK KENDARAAN RINGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115071007-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115071007-ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115071007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (357kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
2115071007-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2115071007-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2115071007-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115071007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115071007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115071007-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Riset pengembangan ini mempunyai tujuan agar bisa mengetahui proses pengembangan, kelayakan serta kepraktisan dari perangkat pembelajaran berbasis Augmented Reality pada sub materi prinsip kerja sistem pengapian untuk manajemen kelas teknik kendaraan ringan. Adapun Subjek dari kajian ini yang melakukan uji lapangan adalah 2 orang pakar materi, 2 orang pakar media, dan 30 orang peserta didik kelas XI TKR 1 SMK Negeri 3 Singaraja. Digunakan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) pada kajian ini karena terdapat urutan yang terstruktur serta bisa bertumpu pada landasan teori desain pembelajaran. Penelitian ini memakai metode observasi, wawancara, studi dokumen, dan kuesioner. Kajian pengembangan ini mendapat hasil bahwa Validitas dari perangkat pembelajaran berbasis Augmented Reality pada sub materi prinsip kerja sistem pengapian memperoleh kualifikasi sangat layak dengan skor persentase dari pakar materi senilai 97,5%, serta pakar media mendapat persentase senilai 96,5%. Selanjutnya, untuk hasil pengujian di lapangan yaitu pada kelompok kecil memperoleh persentase 94,4%, serta hasil pengujian kelompok besar senilai 94,6% dan didapatkan kualifikasi sangat praktis, serta implementasi manajemen kelas mendapat persentase dari pengamat senilai 94,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Manajemen Kelas, Media Pembelajaran, Prinsip Kerja Sistem Pengapian.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: KADEK YUDI WIRAWAN
Date Deposited: 16 Jul 2025 01:21
Last Modified: 16 Jul 2025 01:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25622

Actions (login required)

View Item View Item