PENGEMBANGAN MIKROVIDEO ANIMASI BERORIENTASI NEUROFEEDBACK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD N 4 BANYUNING

Gunawan, I Kadek Arya (2025) PENGEMBANGAN MIKROVIDEO ANIMASI BERORIENTASI NEUROFEEDBACK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD N 4 BANYUNING. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111021028-COVER.pdf

Download (530kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111021028-ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111021028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (307kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111021028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111021028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111021028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111021028-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111021028-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111021028-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan Mikrovideo animasi berorientasi Neurofeedback pada materi pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 4 Banyuning, (2) mengetahui validitas pengembangan Mikrovideo animasi berorientasi Neurofeedback, dan (3) mengetahui keefektifan penggunaannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) sebagai langkah sistematis dalam merancang dan mengembangkan produk pembelajaran. Subjek uji coba terdiri atas ahli isi, ahli desain, ahli media, siswa dalam uji coba perorangan, dan kelompok kecil. Data dikumpulkan melalui observasi, angket validasi, dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan Mikrovideo animasi berorientasi Neurofeedback mengikuti tahapan model ADDIE secara menyeluruh, menghasilkan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi IPAS; (2) Mikrovideo animasi dinyatakan valid dengan skor hasil review: ahli isi pembelajaran sebesar 98% (sangat baik), ahli desain pembelajaran sebesar 98% (sangat baik), ahli media pembelajaran sebesar 95% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 100%, uji coba kelompok kecil sebesar 100%, dan uji coba lapangan sebesar 100%, semuanya dalam kategori sangat baik; (3) Mikrovideo animasi berorientasi Neurofeedback terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 4 Banyuning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Mikrovideo, Animasi, Neurofeedback, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: I Kadek Arya Gunawan
Date Deposited: 16 Jul 2025 07:10
Last Modified: 16 Jul 2025 07:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25652

Actions (login required)

View Item View Item