PEGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS IV SD NEGERI 25 PEMECUTAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Dewi, Ni Made Aprelia Merti (2025) PEGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS IV SD NEGERI 25 PEMECUTAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031442-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031442-ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031442-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (225kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031442-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031442-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031442-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031442-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031442-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031442-LAMPIRAN.pdf

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, validitas, dan efektivitas dari media video pembelajaran berbasis kontekstual pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 25 Pemecutan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode angket/kuesioner. Hasil penelitian ini melalui tahap (1) rancang bangun merupakan media elektronik berupa media video pembelajaran berbasis kontekstual dengan penilaian dari ahli rancang bangun memberikan hasil sebesar 90%, (2) validitas media video pembelajaran berbasis kontekstual diperoleh setelah mendapatkan penilaian dari para ahli dan penilaian uji coba produk, berdasarkan hasil penelitian diperoleh (a) hasil penilaian ahli isi materi sebesar (93,18%); (b) hasil penilaian ahli desain instruksional sebesar (97,22%); (c) hasil penilaian ahli media pembelajaran sebesar (91,66%); (d) hasil penilaian uji perorangan sebesar (94,44%); (e) hasil penilaian uji kelompok kecil sebesar (95,36%), berdasarkan hasil penilaian tersebut media video pembelajaran berbasis kontekstual berada dalam kategori valid untuk digunakan, (3) efektivitas media video pembelajaran berbasis kontekstual berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t satu sampel Dapat dilihat bahwa nilai t_hitung 6,341 dan t_tabel dengan taraf signifikan 5% dengan diketahui dk = (n-1) = 32-1 = 31 adalah 2,040. Hasil tersebut menunjukkan bahwa t_hitung = 6,341 > t_tabel = 2,040, sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima yang berbunyi bahwa rata-rata post-test siswa lebih dari nilai KKTP. Rerata post-test didapat 90,75, sedangkan KKTP sebesar 86, ini berarti media video pembelajaran berbasis kontekstual pelajaran matematika materi bangun ruang kubus dan balok efektif digunakan pada siswa kelas IV di SD Negeri 25 Pemecutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media, Video Pembelajaran, Kontekstual, Materi Bangun Ruang Kubus dan balok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Aprelia Merti Dewi
Date Deposited: 21 Jul 2025 00:49
Last Modified: 21 Jul 2025 00:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25749

Actions (login required)

View Item View Item