Arya Mahayana, Putu (2025) Pengembangan E-Modul Interaktif sebagai Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Jepang di SMA Negeri 4 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
21112061017-COVER.pdf Download (841kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
21112061017-ABSTRAK.pdf Download (614kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
21112061017-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
21112061017-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (988kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
21112061017-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
21112061017-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
21112061017-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR RUJUKAN)
21112061017-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21112061017-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini ialah penelitian berjenis Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan yang memiliki tujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-modul interaktif untuk pembelajaran bahasa Jepang tingkat SMA kelas XI semester genap di SMA Negeri 4 Singaraja. Konten dari bahan ajar ini berisi 6 tema dan 1 tema spesial pembelajaran huruf hiragana dan katakana. Setiap tema terdiri dari pembelajaran video, audio, serta gambar dengan materi kosakata, tata bahasa, dan penerapan tata bahasa dalam sebuah percakapan kontekstual. Model Pengembangan yang digunakan adalah ADDIE oleh Aldoobie (2015) yang terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tahap Evaluation dibatasi hingga pengumpulan respons terhadap kelayakan produk karena keterbatasan waktu. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara dan angket kuesioner. Untuk menghasilkan produk yang optimal, dilaksanakan uji coba ahli (uji ahli materi dan uji ahli media) serta uji coba terbatas melalui angket kuesioner. Berdasarkan hasil angket uji coba ahli, skor yang diperoleh yakni 100 (sangat layak) dari ahli media, dan 97.5 (sangat layak) dari ahli materi. Kemudian skor yang diperoleh dari uji coba terbatas dengan guru yaitu 98.7 (sangat sesuai) sedangkan dengan peserta didik yaitu 100% (sangat sesuai). Dengan demikian bahan ajar e-modul interaktif yang dikembangkan ini dapat dijadikan sebagai suplemen bahan ajar pembelajaran bahasa Jepang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar, e-modul interaktif, SMA kelas XI, semester genap |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | PUTU ARYA MAHAYANA |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:05 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25750 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |