DEVELOPING MULTILINGUAL THEMATIC PICTURE DICTIONARY: ENGLISH-BAHASA INDONESIA-BALINESE FOR ASSISTING SIXTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS' LITERACY

Adnyani, Ni Komang Putri (2020) DEVELOPING MULTILINGUAL THEMATIC PICTURE DICTIONARY: ENGLISH-BAHASA INDONESIA-BALINESE FOR ASSISTING SIXTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS' LITERACY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021074-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021074-ABSTRAK.pdf

Download (179kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021074-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021074-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021074-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021074-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021074-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021074-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021074-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan kamus bergambar tematik multibahasa untuk membantu literasi siswa sekolah dasar kelas enam. Penelitian ini menerapkan metode Desain dan Pengembangan (D&D) oleh Richey dan Klien (2007) yang terdiri dari empat tahapan (ADDE) yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa dari SDN 3 Banjar Jawa dan SDN 1 Busungbiu. Penelitian ini menggunakan empat instrumen, yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, kuesioner, dan penilaian ahli. Model analisis kebutuhan yang diadaptasi dan dimodifikasi dari Hutchinson dan Waters (1987) digunakan untuk memperoleh data tentang kebutuhan siswa dalam mengembangkan keterampilan literasi mereka. Produk tersebut dinilai berdasarkan sebelas kriteria kamus bergambar tematik multibahasa yang baik yang diadaptasi dan dimodifikasi dari Islam dan Purkayastha (2015); Setyawan (2016); Saptiani (2016); Asita dan Karim (2015); Pilihan (2019); dan Sharif (2012). Hasilnya berupa kamus bergambar tematik multibahasa yang menyediakan 10 tema dengan daftar kata dan kalimat dalam tiga bahasa (Inggris-Bahasa Indonesia-Bali) dan gambar autentik. Hasil penilaian validitas konten yang dianalisis dengan menggunakan Gregory Formula menunjukkan bahwa kamus tersebut sangat relevan dengan sebelas kriteria kamus bergambar tematik multibahasa yang baik. Sementara itu, hasil penilaian kualitas yang diukur dengan menggunakan Nurkancana & Sunartana (1992) formula menunjukkan bahwa kamus tersebut dikategorikan sebagai media yang sangat baik. Setelah direvisi, kamus tersebut terdiri dari 98 halaman. Dengan demikian, kamus tersebut bermanfaat bagi siswa dan guru sebagai media untuk mempelajari kata-kata Bahasa Inggris serta mengembangkan keterampilan literasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kamus, literasi, media pengajaran, pebelajar anak-anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Komang Putri Adnyani
Date Deposited: 27 Jul 2020 06:42
Last Modified: 27 Jul 2020 06:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2576

Actions (login required)

View Item View Item