Pengembangan Media Komik Digital Berorientasi Seni Bali Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Negeri 1 Banyuning

Laksana, Made Arya Dharma (2025) Pengembangan Media Komik Digital Berorientasi Seni Bali Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Negeri 1 Banyuning. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031263-COVER.pdf

Download (946kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031263-ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031263-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (403kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031263-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2111031263-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031263-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031263-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031263-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031263-LAMPIRAN.pdf

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki empat tujuan; (1) menghasilakn media komik digitak berorientasi seni Bali, (2) menganalisis validitas hasil pengembangan media komik digital berorientasi seni Bali, (3) menganalisis kepraktisan media komik digital berorientasi seni Bali melalui respon guru dan siswa, (4) menganalisis efektivitas media komik digital berorientasi seni Bali terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Studi pengembangan ini mempergunakan model ADDIE, yang tersususun atas lima tahapan, yaitu; (1) analisis, (2) perencanaan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek dalam pengembangan ini adalah kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran komik digital, kemudian subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD, dan objek uji coba penelitian ini adalah hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan test. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) media komik digital yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas 0,93 dengan kualifikasi tinggi, (2) materi pada media komik digital yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 1,00 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, tingkat pencapain respon guru terhadap media komik digital mencapai 97,5% dengan kualifikasi sangat baik dan tingkat pencapain respon siswa mencapai 98,33% dengan kualifikasi sangat baik, (3) nilai signifikan (2-tailed) pada uji-t berkolerasi memperoleh skor sebesar 0,17 atau p < 0.05 (taraf signifikan 5%). Sehingga media komik digital efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, Komik Digital, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Made Arya Dharma Laksana
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:38
Last Modified: 21 Jul 2025 04:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25776

Actions (login required)

View Item View Item