PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MATA PELAJARAN IPAS MATERI SIKLUS AIR KELAS V DI SD NEGERI 3 KUBUTAMBAHAN

Nyundak, Silvia Grace Kartika (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MATA PELAJARAN IPAS MATERI SIKLUS AIR KELAS V DI SD NEGERI 3 KUBUTAMBAHAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031439-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031439-ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031439-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031439-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031439-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031439-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031439-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031439-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031439-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) mendeskripsikan rancang bangun video pembelajaran beroirentasi pada model discovery learning dalam mata pelajaran IPAS materi siklus air kelas V; (2) mendeskripsikan validitas video pembelajaran beroirentasi pada model discovery learning dalam mata pelajaran IPAS materi siklus air kelas; (3) mendeskripsikan kepraktisan video pembelajaran beroirentasi pada model discovery learning dalam mata pelajaran IPAS materi siklus air kelas; (4) medeskripsikan efektivitas media video pembelajaran berorientasi pada model discovery learning dalam mata pelajaran IPAS materi siklus air untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V Di SD Negeri 3 Kubutambahan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: analysis, design, development, implemetation, evaluation. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah kusioner dengan lembar instrumen skala 1-4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) video pembalajaran yang dikembangkan memiliki validitas materi 3,8 dengan kualifikasi validitas baik; (2) video pembelajaran yang dikembangkan memiliki validitas media 3,87 dengan kualifikasi validitas baik; (3) kepraktisan media memperoleh kualifikasi sangat baik dengan perolehan nilai dari guru 100% dan peserta didik 90%; (4) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji paired sample t-test memperoleh skor 0.000 < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga video pembelajaran berorientasi pada model discovery learning efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 3 Kubutambahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran, model discovery learning, siklus air.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Silvia Grace Kartika Nyudak
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:54
Last Modified: 21 Jul 2025 07:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25793

Actions (login required)

View Item View Item