Nyundak, Silvia Grace Kartika (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MATA PELAJARAN IPAS MATERI SIKLUS AIR KELAS V DI SD NEGERI 3 KUBUTAMBAHAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031439-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031439-ABSTRAK.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031439-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031439-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031439-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031439-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031439-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031439-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031439-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) mendeskripsikan rancang bangun video pembelajaran beroirentasi pada model discovery learning dalam mata pelajaran IPAS materi siklus air kelas V; (2) mendeskripsikan validitas video pembelajaran beroirentasi pada model discovery learning dalam mata pelajaran IPAS materi siklus air kelas; (3) mendeskripsikan kepraktisan video pembelajaran beroirentasi pada model discovery learning dalam mata pelajaran IPAS materi siklus air kelas; (4) medeskripsikan efektivitas media video pembelajaran berorientasi pada model discovery learning dalam mata pelajaran IPAS materi siklus air untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V Di SD Negeri 3 Kubutambahan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: analysis, design, development, implemetation, evaluation. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah kusioner dengan lembar instrumen skala 1-4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) video pembalajaran yang dikembangkan memiliki validitas materi 3,8 dengan kualifikasi validitas baik; (2) video pembelajaran yang dikembangkan memiliki validitas media 3,87 dengan kualifikasi validitas baik; (3) kepraktisan media memperoleh kualifikasi sangat baik dengan perolehan nilai dari guru 100% dan peserta didik 90%; (4) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji paired sample t-test memperoleh skor 0.000 < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga video pembelajaran berorientasi pada model discovery learning efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 3 Kubutambahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, model discovery learning, siklus air. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Silvia Grace Kartika Nyudak |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:54 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25793 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |