PRATAMA, I PUTU ARDI (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI SISTEM PENGEREMAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK KELAS XI TKR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2115071014-COVER.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2115071014-ABSTRAK.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115071014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115071014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2115071014-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2115071014-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2115071014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115071014-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2115071014-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis web terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pengereman di kelas XI Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 3 Singaraja. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang masih dominan digunakan. Media pembelajaran interaktif berbasis web, khususnya menggunakan platform Google Sites, diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan mempermudah akses terhadap materi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan menggunakan pre-test post-test disain. Sampel dalam penelitian ini adalah 23 siswa kelas XI TKR. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda digunakan untuk mengukur hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Data dianalisis menggunakan uji N-gain dan uji-t untuk mengetahui signifikansi peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis web memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai post-test lebih tinggi dibandingkan pre-test, yang menunjukkan bahwa media ini efektif dalam membantu siswa memahami materi sistem pengereman. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis web dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMK, khususnya pada mata pelajaran teknik kendaraan ringan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran interaktif, berbasis web, sistem pengereman, hasil belajar, SMK. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | I Putu Ardi Pratama |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 23:51 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 23:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25855 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |