PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI ENERGI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI SATU ATAP LEMBONGAN

Devia, Devia (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI ENERGI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI SATU ATAP LEMBONGAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2123071008-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2123071008-ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2123071008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (318kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123071008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123071008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123071008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2123071008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123071008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2123071008-LAMPIRAN.pdf

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat literasi energi dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan mengukur peningkatan literasi energi dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain pre-test and post-test with non-equivalent control-group. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri Satu Atap Lembongan,yang berjumlah 67 orang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan sensus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan instrumen literasi energi yang mencakup aspek pengetahuan, sikap, dan perilaku, serta instrumen untuk mengukur hasil belajar. Data dalam penelitian ini berupa skor literasi energi dan skor hasil belajar peserta didik yang dianalisis menggunakan uji MANCOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan literasi energi dan hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning bermuatan etnosains.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning Bermuatan Etnosains, Literasi Energi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Devia
Date Deposited: 24 Jul 2025 07:13
Last Modified: 24 Jul 2025 07:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25928

Actions (login required)

View Item View Item