Devia, Devia (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI ENERGI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI SATU ATAP LEMBONGAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2123071008-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2123071008-ABSTRAK.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2123071008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123071008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123071008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (745kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123071008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (698kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2123071008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123071008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2123071008-LAMPIRAN.pdf Download (25MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat literasi energi dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan mengukur peningkatan literasi energi dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain pre-test and post-test with non-equivalent control-group. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri Satu Atap Lembongan,yang berjumlah 67 orang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan sensus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan instrumen literasi energi yang mencakup aspek pengetahuan, sikap, dan perilaku, serta instrumen untuk mengukur hasil belajar. Data dalam penelitian ini berupa skor literasi energi dan skor hasil belajar peserta didik yang dianalisis menggunakan uji MANCOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan literasi energi dan hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning bermuatan etnosains.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning Bermuatan Etnosains, Literasi Energi, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Devia |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 07:13 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 07:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |