PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “RATIOEXPLORE” PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI KELAS VII SMP

Purba, Olvrado (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “RATIOEXPLORE” PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011043-COVER.pdf

Download (540kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011043-ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011043-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011043-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011043-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif “RATIOEXPLORE” pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai kelas VII SMP. Pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE hingga tahap implementasi terbatas. Media ini dirancang dengan iSpring yang terintegrasi dalam PowerPoint. Karakteristik dari media ini menyediakan kegiatan ekplorasi, fitur umpan balik, kuis, game edukatif yang membantu siswa dalam memahami materi dengan baik. Hasil validasi materi media dan materi mengguankan angket LORI menunjukkan bahwa media sangat valid dengan skor 4,75 dari ahli media dan 4,55 dari ahli materi. Uji kepraktisan melibatkan 20 siswa dan 2 guru, dengan hasil penilaian UEQ (User Experience Questionarrie) menunjukkan kategori “unggul” pada aspek daya tarik (2,14), kejelasan (2,02), stimulasi (2,10), efisiensi (1,90), ketepatan (1,81), serta kategori “baik” pada aspek kebaruan (1,53). Keefektifan diuji melalui skor N-gain sebesar 0,512 yang menunjukkan bahwa media tergolong efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Media Pembelajaran Interaktif, Perbandingan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Olvrado Purba
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:14
Last Modified: 24 Jul 2025 02:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25929

Actions (login required)

View Item View Item