PENGARUH BUKU AJAR BERBASIS STEM DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI

Febriani, Ni Made (2025) PENGARUH BUKU AJAR BERBASIS STEM DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113031012-COVER.pdf

Download (415kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113031012-ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113031012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (258kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113031012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113031012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113031012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113031012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113031012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113031012-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terdapat faktor yang menjadi dampak rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia khususnya materi stoikiometri adalah kualitas buku ajar yang kurang memadai. Solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi hal tersebut adalah pemanfaatan buku ajar berbasis STEM yang dilengkapi dengan strategi scaffolding, sebagaimana telah dikembangkan oleh peneliti sebelumnya. Tujuan penelitian ini guna mengetahui apakah penggunaan buku ajar berbasis STEM dengan strategi scaffolding memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan buku ajar yang digunakan sekolah. Metode yang digunakan ialah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group pada siswa kelas X SMAN 2 Kuta Utara tahun pelajaran 2024/2025. Sampel penelitian ditentukan melalui teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas X5 sebagai kelompok kontrol menggunakan buku ajar dari sekolah, sedangkan siswa kelas X7 sebagai kelompok eksperimen menggunakan buku ajar berbasis STEM dengan strategi scaffolding. Analisis data dilaksanakan secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji ANAKOVA. Hasil memperlihatkan bahwa rata-rata nilai posttest siswa pada kelompok eksperimen adalah 76,61, lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yang memperoleh rata-rata 63,52. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05 menghasilkan nilai signifikansi 0,002 (< 0,05). Berdasarkan temuan tersebut dapat dinyatakan bahwa buku ajar berbasis STEM dengan strategi scaffolding memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan buku ajar yang digunakan sekolah. Kata – kata kunci: buku ajar, STEM, scaffolding, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: buku ajar, STEM, scaffolding, hasil belajar siswa
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: NI MADE FEBRIANI
Date Deposited: 24 Jul 2025 08:37
Last Modified: 24 Jul 2025 08:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25987

Actions (login required)

View Item View Item