Pinatih, I Gusti Agung Wijaya (2025) PREDIKSI TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP LAYANAN PEMANDU WISATA DI DENPASAR MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2013101006-COVER.pdf Download (673kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2013101006-ABSTRAK.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013101006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (482kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013101006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013101006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013101006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013101006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013101006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2013101006-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk memprediksi tingkat kepuasan wisatawan terhadap layanan pemandu wisata di Denpasar menggunakan metode regresi linier. Variabel independen pada penelitian ini diadopsi dari dimensi SERVQUAL meliputi reliability, responsiveness, assurances, empathy, dan tangible, yang diukur melalui kuesioner kepada wisatawan yang menggunakan jasa pemandu wisata di Denpasar. Prosedur penelitian dimulai dengan penyebaran kuesioner yang berisi pertanyaan yang relevan dengan kelima dimensi SERVQUAL kepada 50 wisatawan yang telah dipandu oleh pemandu wisata di Denpasar. Dampak variabel ini terhadap kepuasan wisatawan kemudian diprediksi dengan menggunakan analisis regresi linier. Temuan analisis menunjukkan bahwa faktor yang paling berkontribusi terhadap kepuasan pengunjung adalah emphaty dengan koefisien regresi sebesar 0,221, diikuti oleh reliability dan responsiveness sebesar 0,212 dan 0,186. Assurances dan Tangible masih berkontribusi positif sebesar 0,166 dan 0,134 meskipun lebih kecil dibanding dimensi lainnya. Model regresi linier yang dikembangkan memiliki tingkat akurasi tinggi dengan nilai koefisien determinasi (R²) 0,924, nilai ini menunjukkan 92,4% variasi tingkat kepuasan wisatawan terhadap layanan pemandu wisata di Denpasar dapat dijelaskan oleh lima dimensi SERVQUAL. Evaluasi akurasi prediksi menunjukkan bahwa metode regresi linier berganda menghasilkan hasil yang luar biasa dengan MAPE sebesar 1,75%, MAD sebesar 0,32, MSE sebesar 0,18, dan RMSE sebesar 0,42, yang menandakan tingkat kesalahan prediksi yang rendah. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengelola pariwisata dan pemandu wisata dalam meningkatkan kualitas layanan berdasarkan variabel-variabel yang memiliki pengaruh paling tinggi terhadap kepuasan wisatawan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | regresi linier, kepuasan wisatawan, layanan pemandu wisata. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Matematika (S1) |
Depositing User: | I Gusti Agung Wijaya Pinatih |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 00:56 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 00:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25991 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |