THE USE OF TRANSLANGUAGING PRACTICE IN RUANG GURU YOUTUBE CHANNELS VIDEOS AS INSTRUCTIONAL MEDIA

Siregar, Merry (2025) THE USE OF TRANSLANGUAGING PRACTICE IN RUANG GURU YOUTUBE CHANNELS VIDEOS AS INSTRUCTIONAL MEDIA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112021160-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021160-ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021160-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021160-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021160-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021160-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021160-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021160-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112021160-LAMPIRAN.pdf

Download (768kB)

Abstract

Translanguaging, yang didefinisikan sebagai penggunaan dinamis berbagai bahasa, sangat penting untuk komunikasi dalam lingkungan multibahasa, terutama dalam platform daring informal. Penelitian ini menyelidiki praktik translanguaging dalam lingkungan digital YouTube, khususnya menganalisis kanal Ruang Guru. Dengan menggunakan metodologi studi kasus kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi jenis-jenis translanguaging yang ada dan konteks di mana mereka terjadi dalam video. Data dikumpulkan dengan mentranskripsi video dan dianalisis menggunakan jenis-jenis translanguaging Saputra. Hasilnya menunjukkan bahwa translanguaging intra-kalimat adalah bentuk yang paling umum diamati. Penelitian ini menyoroti bagaimana video pendidikan memanfaatkan translanguaging untuk meningkatkan komunikasi, menjembatani keragaman budaya dan linguistik, dan menumbuhkan inklusivitas. Temuan-temuan ini memberikan wawasan berharga bagi penelitian akademis dan studi media digital, dengan implikasi praktis untuk pengajaran bahasa dan menciptakan konten multibahasa pada platform seperti YouTube.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Translanguaging, RuangGuru, Multibahasa, YouTube, Bahasa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Merry Amadea Siregar
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:46
Last Modified: 25 Jul 2025 03:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26051

Actions (login required)

View Item View Item