ENHANCING THE PRONUNCIATION OF 9th GRADE STUDENTS AT SMP N 5 SINGARAJA THROUGH DRAMA-BASED PEDAGOGY: A CLASSROOM ACTION RESEARCH

Wijaya, Kadek Agus Krisna (2025) ENHANCING THE PRONUNCIATION OF 9th GRADE STUDENTS AT SMP N 5 SINGARAJA THROUGH DRAMA-BASED PEDAGOGY: A CLASSROOM ACTION RESEARCH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112021179-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021179-ABSTRAK.pdf

Download (174kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021179-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (188kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021179-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021179-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021179-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021179-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021179-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112021179-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pengucapan merupakan aspek fundamental dalam keterampilan berbicara, namun sering kali kurang mendapat perhatian dalam pembelajaran bahasa Inggris di tingkat SMP di Indonesia. Akibatnya, banyak siswa mengalami kesulitan dalam kejelasan pengucapan, intonasi, dan penekanan kata. Pendekatan pembelajaran yang ada cenderung masih mengandalkan metode konvensional yang kurang melibatkan siswa secara bermakna. Untuk menjembatani kesenjangan ini, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengucapan siswa melalui penerapan pedagogi berbasis drama. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 35 siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Singaraja pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dan data dikumpulkan melalui tes pengucapan, observasi kelas, serta wawancara dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan pengucapan siswa. Rata-rata nilai meningkat dari 57,87 pada pre-test menjadi 64,30 pada post-test siklus I, dan meningkat lagi menjadi 77,21 pada post-test siklus II. Peningkatan ini mencakup aspek-aspek pengucapan seperti keakuratan, penekanan kata, dan intonasi. Selain itu, siswa memberikan respons positif terhadap penggunaan aktivitas drama di kelas, menyatakan bahwa metode ini menyenangkan, memotivasi, serta membantu mereka membangun kepercayaan diri dalam berbicara bahasa Inggris. Temuan ini menunjukkan bahwa pedagogi berbasis drama merupakan metode yang efektif dan menarik dalam meningkatkan pengucapan siswa di jenjang sekolah menengah pertama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Literatur Anak, Pengucapan, Pembelajaran Berbasis Drama.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Kadek Agus Krisna Wijaya
Date Deposited: 26 Jul 2025 08:01
Last Modified: 26 Jul 2025 08:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26133

Actions (login required)

View Item View Item