Sulistiani, Dini (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO KELISTRIKAN AIR CONDITIONER (AC) INVERTER PADA MATA KULIAH PENGENALAN HVAC DI PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1815061015-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1815061015-ABSTRAK.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815061015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1815061015-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815061015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815061015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (851kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815061015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815061015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1815061015-LAMPIRAN.pdf Download (581kB) |
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah: 1) untuk merancang Media Pembelajaran Video yang terkonsentrasi pada Inverter Pendingin Udara Listrik (AC) untuk Kursus Pengantar HVAC dalam Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, 2) untuk mengevaluasi tingkat kualifikasi Media Pembelajaran Video AC Listrik dalam konteks Kursus Pendahuluan HVAC, dan 3) untuk menganalisis reaksi siswa terhadap Media Pembelajaran Video yang berkaitan dengan Inverter AC dalam Kursus Pendahuluan HVAC. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan, yang biasa disebut sebagai Penelitian dan Pengembangan. Proses pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan distribusi kuesioner untuk mengumpulkan evaluasi dari pakar media, penilaian dari spesialis konten, dan tanggapan dari peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media dapat dikembangkan melalui fase pengembangan penelitian yang sistematis; temuan validasi dari spesialis media menghasilkan persentase 78,75%, yang dikategorikan memuaskan. Selanjutnya, hasil validasi dari spesialis konten menghasilkan persentase 94,2%, yang diklasifikasikan sebagai sangat memuaskan. Kisaran skor yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil yang melibatkan lima peserta diklasifikasikan dalam kategori yang sangat tinggi, sedangkan kisaran skor dari uji coba kelompok yang lebih besar, yang mencakup lima belas peserta, juga termasuk dalam kategori yang sangat tinggi. Mengingat temuan penelitian ini, media video pembelajaran AC Split telah dianggap tepat untuk dimanfaatkan sebagai media pedagogis dalam mata kuliah teknik pendingin dalam program studi Pendidikan Teknik Elektro.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media, Video pembelajaran, Kelistrikan Air Conditioner (AC) Inverter, Pengenalan HVAC |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Elektro (S1) |
Depositing User: | Dini Sulistiani |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:44 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26250 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |