Rifqi, Achmad (2025) PERANCANGAN GAME EDUKASI 2D BERBASIS MOBILE UNTUK MENGENALI, MERAWAT DAN MELINDUNGI ANGGOTA TUBUH DARI KEKERASAN DAN PELECEHAN SEKSUAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2255013012-COVER.pdf Download (872kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2255013012-ABSTRAK.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2255013012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2255013012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2255013012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2255013012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2255013012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2255013012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2255013012-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kasus kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak-anak di bawah usia 12 tahun di Indonesia terus mengalami peningkatan, sementara media edukasi yang efektif dan menarik masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan game edukasi 2D berbasis mobile yang mampu membantu anak anak mengenali, merawat, dan melindungi anggota tubuh dari kekerasan dan pelecehan seksual. Metode pengembangan yang digunakan adalah Digital Game Based Learning - Instructional Design (DGBL-ID), dengan pendekatan interaktif yang menyatukan elemen hiburan dan pembelajaran. Game ini dikembangkan di Kabupaten Buleleng, Bali, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil pengujian kelayakan menunjukkan bahwa validasi oleh ahli media memperoleh skor 90% dan validasi oleh ahli KSA (Kekerasan Seksual Anak) memperoleh skor 85%, keduanya dalam kategori "Sangat Layak". Selain itu, pengujian usability menggunakan System Usability Scale (SUS) menghasilkan nilai rata-rata sebesar 81,67, yang tergolong dalam kategori "Excellent" atau grade B. Dengan hasil tersebut, game edukasi ini dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif dan mampu memberikan kontribusi dalam upaya pencegahan kekerasan seksual terhadap anak di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Anti Kekerasan dan Pelecehan Seksual, Unity, Digital Game-Based Learning - Instructional Design |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (D4) |
Depositing User: | Achmad Rifqi |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 21:33 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 21:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26269 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |