PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK MEMPERKENALKAN IKAN LAUT

Yana, Dewa Putu Gede Suputra (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK MEMPERKENALKAN IKAN LAUT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2255013019-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2255013019-ABSTRAK.pdf

Download (309kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2255013019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (340kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2255013019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2255013019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2255013019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2255013019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2255013019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2255013019-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) untuk memperkenalkan ikan laut yang digunakan untuk siswa kelas III. Perkembangan teknologi informasi telah mendorong inovasi dalam dunia pendidikan, salah satunya melalui pemanfaatan Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis AR untuk memperkenalkan berbagai jenis ikan laut kepada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 6 Bungkulan. Masalah utama yang diangkat adalah terbatasnya media pembelajaran berbasis teknologi yang menyebabkan siswa kesulitan memahami materi hanya melalui gambar statis dalam buku. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Aplikasi dikembangkan menggunakan Unity dan Vuforia, dengan objek 3D yang dirancang melalui Blender. Evaluasi sistem dilakukan menggunakan metode Black-Box Testing dan Usability Metric for User Experience-Lite (UMUX-Lite) dengan melibatkan siswa kelas III sebagai responden. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi dapat berjalan sesuai fungsinya, serta memiliki tingkat usability yang baik. Aplikasi ini membantu siswa mempelajari jenis ikan laut secara interaktif melalui model 3D, lengkap dengan informasi habitat, makanan, dan mekanisme pernapasan. Dengan pendekatan ini, proses belajar menjadi lebih menarik dan kontekstual, serta mendukung terciptanya pengalaman belajar yang menyenangkan dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, media pembelajaran, ikan laut, MDLC, UMUX Lite.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (D4)
Depositing User: Dewa Putu Gede Suputra Yana
Date Deposited: 29 Jul 2025 21:28
Last Modified: 29 Jul 2025 21:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26271

Actions (login required)

View Item View Item