TEACHING STRATEGY PREFERENCES OF MALE AND FEMALE ENGLISH TEACHERS AT SMAN 1 TEJAKULA

Dewi, Luh Lingga (2025) TEACHING STRATEGY PREFERENCES OF MALE AND FEMALE ENGLISH TEACHERS AT SMAN 1 TEJAKULA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112021044-COVER.pdf

Download (694kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021044-ABSTRAK.pdf

Download (196kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021044-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021044-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112021044-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi strategi pengajaran yang paling sering digunakan oleh guru bahasa Inggris laki-laki dan perempuan di SMAN 1 Tejakula. Strategi pengajaran yang direkomendasikan oleh Kurikulum Merdeka menjadi fokus penelitian ini. Melalui metode kualitatif, pengumpulan data dilakukan menggunakan 3 instrumen berbeda: daftar periksa strategi pengajaran, daftar periksa observasi, dan wawancara. Ada 4 subjek yang terlibat dalam penelitian ini: 2 guru laki-laki dan 2 guru perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru laki-laki lebih menyukai strategi pengajaran Problem-Based Learning. Di sisi lain, guru perempuan cenderung memilih kombinasi strategi pengajaran Project-Based Learning dan Discovery Learning. Hal unik yang ditemukan dalam penelitian ini adalah baik guru laki-laki maupun perempuan sama-sama menyukai strategi pengajaran Cooperative Learning dan Social Affective, di mana guru memanfaatkan kolaborasi antar siswa dan menekankan aspek sosial-emosional siswa selama proses pembelajaran. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa tantangan seperti kekurangan sumber daya fisik dan non-fisik di sekolah dapat memengaruhi implementasi strategi tertentu. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk pengembangan program pelatihan guru dan untuk meningkatkan kualitas pengajaran Bahasa Inggris di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengajaran, Kurikulum Merdeka, Preferensi, EFL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Luh Lingga Dewi
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:17
Last Modified: 04 Aug 2025 03:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26398

Actions (login required)

View Item View Item