Sukedana, Putu (2025) ANALISIS EFEKTIVITAS MANAJEMEN KOMUNIKASI MELALUI TEACH BACK TECHNIQUE DALAM MENCEGAH TERJADINYA KOMPLAIN MEDIS DAN MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN DI UNIT GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM KERTHA USADA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2129131025-COVER.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2129131025-ABSTRAK.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129131025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129131025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129131025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129131025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129131025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129131025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2129131025-LAMPIRAN.pdf Download (338kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas manajamen komunikasi melalui Teach Back Technique dalam mencegah terjadinya komplain medis dan meningkatkan kepuasan pasien di UGD RSU Kertha Usada. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Objek penelitian adalah UGD RSU Kertha Usada dan subjek penelitian sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan yang akan memberikan informasi terkait penelitian. Informasi didapatkan dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi awal menunjukkan bahwa manajemen komunikasi kepada pasien/keluarga pasien perlu dilakukan pembenahan dan mengetahui efektivitas manajemen komunikasi untuk menghindari komplain dan meningkatkan kepuasan. Dengan manajemen komunikasi menggunakan teknik Teach Back Technique, memastikan pasien dan keluarga pasien memahami apa yang disampaikan tenaga kesehatan, dengan meminta pasien atau keluarga pasien untuk mengulangi apa yang sudah dijelaskan untuk dijelaskan kembali dan tenaga kesehatan memastikan apakah yang disampaikan sebelumnya sudah benar dan dipahami oleh pasien/keluarga pasien. Teknik ini memiliki 4 tahapan yaitu menjelaskan, menilai, meminta klarifikasi dan memahami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen komunikasi melalui TBT efektif membantu mengurangi potensial klien komplain, membantu meningkatkan kepuasan pasien dari aspek diagnosis, penyebab penyakit, pengobatan di UGD dan penangangan setelah di UGD serta dengan mengkombinasikan standar prosedur yaitu menjelaskan ke minimal 2 saksi keluarga pasien sehingga lebih efektif dan hubungan dokter-pasien menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Manajemen Komunikasi , TBT, Komplain Medis, Kepuasan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Manajemen (S2) |
Depositing User: | Putu Sukedana |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 06:24 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 06:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26515 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |