PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS AUGMENTED REALITY BOOK KELAS XI SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 KUBUTAMBAHAN

WINGGASAPUTRA, KETUT ALIT (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS AUGMENTED REALITY BOOK KELAS XI SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 KUBUTAMBAHAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1915051044-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1915051044-ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1915051044-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (297kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1915051044-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1915051044-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051044- BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1915051044-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051044-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1915051044-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Biologi berbasis Augmented Reality Book untuk kelas XI semester genap di SMA Negeri 1 Kubutambahan. Media ini menggabungkan buku cetak dengan teknologi Augmented Reality (AR) yang memungkinkan siswa mengakses visualisasi objek 3D dan penjelasan interaktif melalui perangkat Android. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengembangan dilakukan menggunakan Unity 3D, Blender, dan Vuforia Engine, serta divalidasi melalui uji ahli isi dan media yang memperoleh skor 80 dengan hasil 1.00 dan kriteria "sangat baik". Pengujian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu uji coba perorangan dengan 3 siswa memperoleh persentase 91.58% "sangat baik", uji coba kelompok kecil dengan 9 siswa memperoleh persentase 90.18% "sangat baik", dan uji coba lapangan dengan 33 siswa memperoleh persentase 87.53% "baik". Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini valid dan layak digunakan, serta dapat meningkatkan motivasi belajar, pemahaman konsep, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, sehingga Augmented Reality Book dapat menjadi inovasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Biologi di tingkat SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality Book, Media Pembelajaran, Biologi, ADDIE, Unity 3D.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Ketut Alit Winggasaputra
Date Deposited: 08 Aug 2025 07:57
Last Modified: 08 Aug 2025 07:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26638

Actions (login required)

View Item View Item