Prabawanti, Ida Ayu Windy (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PRAAKSARA KELAS X DI SMK TI BALI GLOBAL KLUNGKUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1815051081-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1815051081-ABSTRAK.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051081-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051081-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815051081-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051081-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051081-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051081-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1815051081-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran Sejarah di tingkat menengah masih didominasi metode ceramah satu arah yang kurang interaktif, sering kali hanya didukung media seperti Microsoft PowerPoint. Hal ini berdampak pada rendahnya minat, motivasi, serta pemahaman peserta didik terhadap materi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Praaksara kelas X di SMK TI Bali Global Klungkung. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media ini dirancang untuk memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi dan membantu peserta didik belajar secara menyenangkan. Hasil uji coba menunjukkan media memperoleh respon sangat baik, dengan hasil uji perorangan dan kelompok kecil masing-masing sebesar 91% dan 80%. Uji lapangan dengan 26 peserta didik menunjukkan validitas sangat tinggi sebesar 91%. Nilai rata-rata respon peserta didik sebesar 67 dan guru pengampu 46, tergolong “Sangat Positif” dan “Sangat Praktis”. Media ini dinyatakan layak dan efektif meningkatkan pemahaman serta keterlibatan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Problem Based Learning, SMK TI Bali Global Klungkung, Research and Development, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Windy Prabawanti |
Date Deposited: | 10 Aug 2025 11:09 |
Last Modified: | 10 Aug 2025 11:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |