PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PRAAKSARA KELAS X DI SMK TI BALI GLOBAL KLUNGKUNG

Prabawanti, Ida Ayu Windy (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PRAAKSARA KELAS X DI SMK TI BALI GLOBAL KLUNGKUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815051081-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815051081-ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051081-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051081-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815051081-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051081-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051081-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051081-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815051081-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran Sejarah di tingkat menengah masih didominasi metode ceramah satu arah yang kurang interaktif, sering kali hanya didukung media seperti Microsoft PowerPoint. Hal ini berdampak pada rendahnya minat, motivasi, serta pemahaman peserta didik terhadap materi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Praaksara kelas X di SMK TI Bali Global Klungkung. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media ini dirancang untuk memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi dan membantu peserta didik belajar secara menyenangkan. Hasil uji coba menunjukkan media memperoleh respon sangat baik, dengan hasil uji perorangan dan kelompok kecil masing-masing sebesar 91% dan 80%. Uji lapangan dengan 26 peserta didik menunjukkan validitas sangat tinggi sebesar 91%. Nilai rata-rata respon peserta didik sebesar 67 dan guru pengampu 46, tergolong “Sangat Positif” dan “Sangat Praktis”. Media ini dinyatakan layak dan efektif meningkatkan pemahaman serta keterlibatan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Problem Based Learning, SMK TI Bali Global Klungkung, Research and Development, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Ida Ayu Windy Prabawanti
Date Deposited: 10 Aug 2025 11:09
Last Modified: 10 Aug 2025 11:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26738

Actions (login required)

View Item View Item