Situmorang, Sanny Proditia (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN EXE-LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113041011-COVER.pdf Download (521kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113041011-ABSTRAK.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113041011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113041011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113041011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113041011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113041011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113041011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113041011-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan rancang bangun e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem ekskresi manusia untuk siswa kelas XI yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah model four-D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Namun pada penelitian ini tahap Disseminate dilakukan terbatas pada pengemasan produk awal. Uji validitas pada penelitian ini dilakukan oleh masing-masing dua ahli materi dan dua ahli media yang relevan pada bidangnya. Kemudian uji kepraktisan dilakukan oleh 4 (empat) guru biologi dan seluruh peserta didik kelas XI IPA B sebanyak 35 orang. Hasil yang diperoleh adalah: (1) Tahap analisis awal ditemukan permasalahan mengenai media pembelajaran digital disekolah masih belum optimal dan bersifat monoton, rendahnya hasil belajar peserta didik sebanyak 51,35% belum mencapai standar KKTP pada materi sistem ekskresi manusia, metode pembelajaran yang didominasi dengan ceramah, presentasi-diskusi dan mencatat, bahan ajar yang sering digunakan peserta didik yaitu buku paket dan LKS berbentuk cetak, (2) rancang bangun penelitian pengembangan ini menghasilkan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan exe-learning pada materi sistem ekskresi manusia untuk siswa kelas XI, (3) Validitas e-modul berbasis Problem Based Learning dari segi materi dan media, masing-masing mendapatkan nilai 1,0 dengan kriteria sangat valid, (4) berdasarkan uji kepraktisan, e-modul memperoleh nilai sebesar 4,75, dari guru dan 4,63 dari peserta didik, sehingga keduanya termasuk ke dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan exe-learning pada materi sistem ekskresi manusia untuk siswa kelas XI sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi sistem ekskresi manusia di SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, Problem Based Learning, Sistem Ekskresi Manusia, Exe-learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Sanny Proditia Situmorang |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 00:22 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 00:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26845 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |