TRANSLANGUAGING PRACTICES IN ENGLISH LANGUAGE TEACHING AND LEARNING COURSE AT STKIP AH SINGARAJA

Widyasastrena, Putu Agung Wawan (2025) TRANSLANGUAGING PRACTICES IN ENGLISH LANGUAGE TEACHING AND LEARNING COURSE AT STKIP AH SINGARAJA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329081032-COVER.pdf

Download (970kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329081032-ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329081032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (312kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329081032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329081032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329081032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329081032-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329081032-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329081032-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji penggunaan translanguaging dalam mata kuliah Technology in Language Teaching and Learning di STKIP Agama Hindu Singaraja dengan fokus pada bagaimana translanguaging digunakan oleh dosen, jenis dan fungsi translanguaging yang digunakan, tantangan yang dihadapi dosen dalam penerapannya, persepsi mahasiswa terhadap penerapan translanguaging, dan korelasi antara persepsi mahasiswa terhadap penerapan translanguaging dan pencapaian belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain metode campuran, dengan data kualitatif diperoleh melalui observasi kelas dan wawancara dengan satu orang dosen, sedangkan data kuantitatif dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 23 mahasiswa. Data kualitatif dianalisis menggunakan analisis tematik deduktif, sedangkan data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa translanguaging terjadi pada fase pra-kegiatan, kegiatan inti, dan pasca-kegiatan, dengan fungsi interpretif, manajerial, dan interaktif. Terdapat tujuh jenis translanguaging yang ditemukan. Mahasiswa menunjukkan persepsi positif terhadap translanguaging, dan analisis korelasi Pearson menunjukkan korelasi positif namun kecil antara persepsi dan prestasi belajar. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa translanguaging memberikan manfaat yang berharga bagi dosen dan mahasiswa. Namun, translanguaging saja tidak dapat diklaim memiliki pengaruh yang menentukan terhadap prestasi belajar mahasiswa, karena banyak faktor lain yang juga dapat memengaruhi hasil tersebut. Keterbatasan ini memberikan peluang bagi penelitian selanjutnya untuk memperoleh wawasan yang lebih mendalam mengenai penerapan translanguaging.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: translanguaging; pendekatan pedagogik, pendidikan tinggi
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Putu Agung Wawan Widyasastrena
Date Deposited: 12 Aug 2025 14:24
Last Modified: 12 Aug 2025 14:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26914

Actions (login required)

View Item View Item