Widyasastrena, Putu Agung Wawan (2025) TRANSLANGUAGING PRACTICES IN ENGLISH LANGUAGE TEACHING AND LEARNING COURSE AT STKIP AH SINGARAJA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329081032-COVER.pdf Download (970kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329081032-ABSTRAK.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329081032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329081032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329081032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329081032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329081032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329081032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329081032-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji penggunaan translanguaging dalam mata kuliah Technology in Language Teaching and Learning di STKIP Agama Hindu Singaraja dengan fokus pada bagaimana translanguaging digunakan oleh dosen, jenis dan fungsi translanguaging yang digunakan, tantangan yang dihadapi dosen dalam penerapannya, persepsi mahasiswa terhadap penerapan translanguaging, dan korelasi antara persepsi mahasiswa terhadap penerapan translanguaging dan pencapaian belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain metode campuran, dengan data kualitatif diperoleh melalui observasi kelas dan wawancara dengan satu orang dosen, sedangkan data kuantitatif dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 23 mahasiswa. Data kualitatif dianalisis menggunakan analisis tematik deduktif, sedangkan data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa translanguaging terjadi pada fase pra-kegiatan, kegiatan inti, dan pasca-kegiatan, dengan fungsi interpretif, manajerial, dan interaktif. Terdapat tujuh jenis translanguaging yang ditemukan. Mahasiswa menunjukkan persepsi positif terhadap translanguaging, dan analisis korelasi Pearson menunjukkan korelasi positif namun kecil antara persepsi dan prestasi belajar. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa translanguaging memberikan manfaat yang berharga bagi dosen dan mahasiswa. Namun, translanguaging saja tidak dapat diklaim memiliki pengaruh yang menentukan terhadap prestasi belajar mahasiswa, karena banyak faktor lain yang juga dapat memengaruhi hasil tersebut. Keterbatasan ini memberikan peluang bagi penelitian selanjutnya untuk memperoleh wawasan yang lebih mendalam mengenai penerapan translanguaging.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | translanguaging; pendekatan pedagogik, pendidikan tinggi |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Putu Agung Wawan Widyasastrena |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 14:24 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 14:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26914 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |