Putra, I Gede Somia Dangka (2025) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113041015-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113041004-ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113041015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113041015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113041015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113041015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113041015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113041015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (897kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113041015-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) profil kemampuan bernalar kritis siswa (2) perbedaan pengaruh antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media PowerPoint interaktif berbasis PBL dengan yang tidak dibelajarkan menggunakan media tersebut, (3) efektivitas media PowerPoint interaktif berbasis PBL dalam meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan media PowerPoint interaktif berbasis PBL, sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan media tersebut. Profil kemampuan bernalar kritis dijelaskan melalui N-Gain yang diperoleh. Rata-rata skor N-Gain di kelas eksperimen sebesar 0,61 (kategori sedang), sedangkan di kelas kontrol sebesar 0,21 (kategori rendah). Perbedaan pengaruh dijelaskan melalui uji hipotesis. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan bernalar kritis yang signifikan antara kedua kelas, dengan nilai signifikansi sebesar 0,0001 (< 0,05). Dan efektivitas media PowerPoint interaktif berbasis PBL diukur menggunakan effect size. Nilai effect size yang diperoleh adalah 0,714 dan tergolong dalam kategori efek besar. Media PowerPoint yang dikembangkan berhasil memfasilitasi seluruh tahapan PBL secara sistematis dan menarik. Media yang dikembangkan mendorong keterlibatan aktif siswa, melatih kemampuan bernalar kritis, serta membangun kebiasaan reflektif selama proses pembelajaran. Dengan demikian, media PowerPoint interaktif berbasis PBL terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan bernalar kritis peserta didik. Kata Kunci: Bernalar Kritis, PowerPoint Interaktif, Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bernalar Kritis, PowerPoint Interaktif, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | I Gede Somia Dangka Putra |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 13:47 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 13:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26969 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |