DEVELOPMENT OF A BALINESE TRADITION AND RITE QUIZ GAME WITH TEXT TO SPEECH FEATURE

Kusuma, I Wayan (2025) DEVELOPMENT OF A BALINESE TRADITION AND RITE QUIZ GAME WITH TEXT TO SPEECH FEATURE. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115101035-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115101035-ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115101035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (189kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115101035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115101035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115101035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115101035-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115101035-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115101035-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah game edukatif berbasis kuis yang mengangkat materi tradisi dan ritus Bali, dilengkapi dengan fitur pembacaan soal otomatis menggunakan pendekatan Natural Language Processing (NLP). Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan pengembangan Agile model satu siklus. Aplikasi dikembangkan menggunakan Unity, serta integrasi teknologi TTS (Text-To-Speech) melalui model Tacotron 2 untuk menghasilkan suara secara otomatis dari teks soal. Pengujian dilakukan melalui empat tahap: pengujian fungsional menggunakan Unity Test Framework, validasi oleh ahli media, validasi oleh ahli materi, serta uji respon pengguna menggunakan instrumen UEQ-S (User Experience Questionnaire – Short Version). Hasil pengujian menunjukkan aplikasi berfungsi dengan baik (100% passed), mendapatkan penilaian sangat layak dari ahli media (90%) dan validitas isi sangat tinggi dari ahli materi (1,00). Sementara itu, hasil uji pengguna memperoleh skor rata-rata 2,33 dalam kategori “Excellent”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi game edukatif ini layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif yang menarik dan mampu memberikan pengalaman belajar yang positif bagi pengguna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Tradisi dan Ritus Bali, NLP, Text-To-Speech, Unity, UEQ-S
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Ilmu Komputer (S1)
Depositing User: I WAYAN WAHYU KUSUMA
Date Deposited: 18 Aug 2025 02:51
Last Modified: 18 Aug 2025 02:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26987

Actions (login required)

View Item View Item