Semarayanti, Ni Putu Anika (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Catur Paramitha Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas IV SD Negeri Gugus Ir.Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031131_COVER.docx Download (334kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031131_ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031131_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (332kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031131_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
161031131_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031131_BAB 4 HASIL DAN PEMMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031131_BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031131_DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (424kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031131_LAMPIRAN.pdf.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Rendahnya pemahaman dan partisipasi siswa dalam pelajaran IPA mengakibatkan nilai siswa kelas IV masih dibawah KKM yaitu 70. Hal ini menjadi alasan untuk dilakukannya penelitian ini. Tujuan pelaksanaan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 5E berbasis Catur Paramitha terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Negeri Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan. Jenis penelitian ini quasi eksperiment, menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gugus Ir. Soekarno, sebanyak 241 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik clusster random sampling, dengan jumlah sampel 69 siswa. Metode yang digunakan adalah metode tes sedangkan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes objektif. Data yang dianalisis menggunakan uji t, diperoleh hasil penelitian yaitu kelompok eksperimen memperoleh rerata kompetensi pengetahuan IPA lebih dari kelompok kontrol yang memperoleh rerata kompetensi pengetahuan IPA yaitu 0,558 > 0,322. Berdasarkan analisis uji t dengan dk =67 pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung = 4,345 > ttabel = 1,997. Secara umum implikasi melalui model ini yaitu menjadikan pembelajaran lebih efektif. Maka, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melaui model pembelajaran Learning Cycle 5E berbasis Catur Paramitha dengan kelompok siswa yang tidak belajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbasis Catur Paramitha pada siswa kelas IV SD Negeri Gugus Ir. Soekarno. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E berbasis Catur Paramitha berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning cycle 5e, catur paramitha, kompetensi pengetahuan ipa |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI PUTU ANIKA SEMARAYANTI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 10:44 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 10:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2701 |
Actions (login required)
View Item |