EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERKONTEN E-BOOK IPA BERMUATAN ETHNO-SOCIO SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

Selamat, I Nyoman (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERKONTEN E-BOOK IPA BERMUATAN ETHNO-SOCIO SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2239051007-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2239051007-ABSTRAK.pdf

Download (357kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2239051007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (449kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2239051007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2239051007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2239051007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2239051007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2239051007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2239051007-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penguasaan literasi sains dan keterampilan pemecahan masalah merupakan kompetensi esensial bagi siswa di era modern. Namun, rendahnya capaian kedua aspek ini masih menjadi isu krusial. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas model PBL berkonten e-book IPA bermuatan ethno-socio scientific issues (ethno-SSI) terhadap literasi sains dan keterampilan pemecahan masalah (PSSs) siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan subjek penelitian siswa kelas VII. Data literasi sains siswa dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda, sedangkan PSSs melalui tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen, yaitu literasi sains siswa meningkat dari 29,94 menjadi 71,12 dan PSSs meningkat dari 26,65 menjadi 65,69. Hal yang sama juga terjadi pada kelompok kontrol, namun dengan peningkatan yang lebih kecil, yaitu 29,76 menjadi 61,24 untuk literasi sains dan 27,74 menjadi 51,91 untuk PSSs. Hasil pengujian Mancova menunjukkan nilai signifikansi 0,001 (p < 0,050) yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol dalam literasi sains dan PSSs siswa baik secara parsial maupun simultan. Secara parsial, model PBL berkonten e-book IPA bermuatan ethno-SSI mampu menjelaskan 67,3% varians pada literasi sains dan 51,7% varians pada PSSs. Selain itu, secara simultan, model ini menjelaskan 74,4% varians gabungan dari kedua variabel tersebut. Ini menunjukkan bahwa model PBL berkonten e-book IPA bermuatan ethno-SSI efektif dalam meningkatkan literasi sains dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Kata-kata kunci: e-book, ethno-socio scientific issues, keterampilan pemecahan masalah, literasi sains, PBL

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: e-book, ethno-socio scientific issues, keterampilan pemecahan masalah, literasi sains, PBL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pendidikan (S3)
Depositing User: I Nyoman Selamat
Date Deposited: 20 Aug 2025 04:50
Last Modified: 20 Aug 2025 04:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27012

Actions (login required)

View Item View Item