Analisis Service Request Management Practice Menggunakan Framework ITIL4 di UPA TIK Undiksha

Usman, Bella Yasinta (2026) Analisis Service Request Management Practice Menggunakan Framework ITIL4 di UPA TIK Undiksha. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2015091054-COVER.pdf

Download (16MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2015091054-ABSTRAK.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015091054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015091054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2015091054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015091054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2015091054-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015091054-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015091054-LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik manajemen permintaan layanan di UPA TIK Undiksha berdasarkan kerangka kerja ITIL4. Permasalahan yang ditemukan antara lain belum adanya katalog permintaan layanan, kurangnya otomatisasi proses, serta permintaan yang tidak sesuai dengan tugas dan fungsi unit. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan adanya kesenjangan antara praktik yang berjalan dengan panduan ITIL4, khususnya pada aspek pengkategorian, otomatisasi, dan efisiensi proses. Solusi yang diusulkan berupa rekomendasi perbaikan SOP dan perancangan katalog permintaan layanan sesuai praktik terbaik ITIL4. Hasil perbaikan menunjukkan bahwa rekomendasi dapat meningkatkan efektivitas penanganan layanan, mempercepat proses, dan meningkatkan kepuasan pengguna. Penelitian ini memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan manajemen layanan TI di institusi pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ITSM, Manajemen Permintaan Layanan; ITIL4; UPA TIK Undiksha
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Bella Yasinta Usman
Date Deposited: 02 Oct 2025 00:04
Last Modified: 02 Oct 2025 00:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27179

Actions (login required)

View Item View Item