Feihong, Zhang (2025) THE RELATIONSHIP BETWEEN TEACHER SUPPORT ON STUDENT LEARNING ENGAGEMENT IN HIGHER EDUCATION:THE MEDIATING ROLE OF ACADEMIC SELF-EFFICACY. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2429071008-COVER)
2429071008-Cover.pdf Download (750kB) |
![]() |
Text (2429071008-ABSTRAK)
2429071008-Abstrak.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text (2429071008-BAB 1 PENDAHULUAN)
2429071008-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (421kB) |
![]() |
Text (2429071008-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2429071008-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2429071008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2429071008-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (659kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2429071008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2429071008-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2429071008-BAB 5 PENUTUP)
2429071008-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2429071008-DAFTAR PUSTAKA)
2429071008-Daftar Pustaka.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text (2429071008-LAMPIRAN)
2429071008-Lampiran.pdf Download (532kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh dukungan dosen terhadap keterlibatan belajar mahasiswa, dan menggunakan academic self-efficacy sebagai variabel penengah untuk menganalisis mekanisme kerjanya dalam pendidikan tinggi. Penelitian ini didasarkan pada sampel 399 mahasiswa dari enam perguruan tinggi di Kunming, Tiongkok. Metode kuantitatif digunakan, data dikumpulkan melalui survei kuesioner, dan hipotesis diuji menggunakan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan dosen (termasuk dukungan belajar, dukungan kemampuan, dan dukungan emosional) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keterlibatan belajar mahasiswa, dan academic self-efficacy berperan sebagai variabel penengah sebagian. Secara khusus, dukungan belajar, dukungan kemampuan, dan dukungan emosional masing-masing dapat meningkatkan academic self-efficacy mahasiswa, sehingga meningkatkan keterlibatan belajar mereka. Penelitian ini tidak hanya memperkaya kerangka teori hubungan antara dukungan dosen dan keterlibatan belajar mahasiswa, tetapi juga memberikan panduan praktis bagi pengelola pendidikan perguruan tinggi dan dosen, yang dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan Dosen; Keterlibatan Belajar Mahasiswa; Academic Self-Efficacy; Pendidikan Tinggi; Efek Penengah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | Zhang Feihong |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 01:23 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 01:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27193 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |