PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR INSTALASI LISTRIK DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Rizal, Muhammad (2015) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR INSTALASI LISTRIK DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2015061007-COVER.pdf

Download (825kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2015061007-ABSRTAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015061007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015061007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2015061007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015061007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2015061007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015061007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015061007-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam upaya menjadikan pendidikan lebih adaptif dan relevan, Kurikulum Pembelajaran Mandiri telah resmi diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) mengkaji bagaimana SMK Negeri 3 Singaraja menerapkan kebijakan pembelajaran mandiri (2) mengkaji pengaruh kurikulum baru pembelajaran mandiri terhadap motivasi belajar siswa (3) mengkaji bagaimana instruktur menangani tantangan yang muncul saat menerapkan kurikulum pembelajaran mandiri. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, SMK Negeri 3 Singaraja menjadi lokasi penelitian kualitatif ini. Triangulasi data digunakan untuk menilai sampel yang dikumpulkan melalui pengambilan sampel non-probabilitas. Temuan penelitian menunjukkan: (1) SMK Negeri 3 Singaraja telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menerapkan kurikulum pembelajaran mandiri, menurut temuan penelitian. Semua tahapan program, termasuk perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran, sudah menjadi bagian dari kurikulum. (2) Tanda-tanda antusiasme siswa dalam belajar—yang semuanya terlihat dalam pembelajaran—menunjukkan bahwa mereka sangat antusias mempelajari dasar-dasar instalasi listrik. Minat belajar yang tulus dari siswa yang dapat membangkitkan rasa ingin tahu dan antusiasme siswa lain terhadap mata pelajaran ini terlihat dalam perkembangan yang sangat signifikan ini. (3) Instruktur mengalami kesulitan dalam persiapan dan pelaksanaan program pembelajaran mandiri. Pada perencanaan guru masih terkendala dalam persiapan pembelajaran dimana guru harus beradaptasi untuk membuat modul ajar, upaya guru dalam mengatasi hal ini dengan mengikuti pelatihan yang ada dan berkolaborasi dengan rekan rekan guru yang lebih paham kurikulum merdeka belajar. Kendala pelaksanaan adalah guru masih terkendala dalam memenuhi target pembelajaran untuk mengatasi kendala ini guru melakukan tutor sebaya dan pendekatan humanis kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka Belajar, Minat Belajar Siswa, Kendala Kurikulum Merdeka Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Muhammad Rizal
Date Deposited: 30 Oct 2025 07:04
Last Modified: 30 Oct 2025 07:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27230

Actions (login required)

View Item View Item