PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS LETKOL WISNU DENPASAR TAHUN AJARAN 2019/2020

Karunasari, Ni Made Devi (2020) PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS LETKOL WISNU DENPASAR TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031240-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031240-ABSTRAK.pdf

Download (322kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031240-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (507kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031240-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031240-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031240-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031240-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031240-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031240-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model think talk write berbantuan media gambar dapat memberikan pengaruh terhadap kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Gugus Letkol Wisnu Denpasar Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan percobaan yang terencana menggunakan design eksperimen semu atau non equivalent control group design. Dalam penelitian ini untuk menentukan sampel menggunakan teknik acak atau teknik random sampling. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai pretest dan posttest menggunakan uji-t. Pada pretest thitung = 0,245 < ttabel=1,992 sehingga dinyatakan tidak terdapat perbedaan yang signifikan sedangkan pada posttest thitung = 2,883 > ttabel=1,992 dengan dk = 76 dan taraf signfikansi 5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model think talk write berbantuan media gambar terhadap kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Gugus Letkol Wisnu Denpasar Tahun Ajaran 2019/2020 setelah diberikan treatment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran think talk write, media gambar, kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Devi Karunasari
Date Deposited: 28 Jul 2020 02:57
Last Modified: 28 Jul 2020 02:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2733

Actions (login required)

View Item View Item