Dewi, Ni Made Candra Kurnia (2026) DESKRIPSI IMPLEMENTASI STEM DAN PERMASALAHANNYA DI SEKOLAH DASAR INKLUSI NEGERI 2 BENGKALA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
|
Text (COVER)
2111031413-COVER.pdf Download (306kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
2111031413-ABSTRAK.pdf Download (200kB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031413-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (186kB) |
|
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031413-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031413-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031413-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (611kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031413-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031413-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
2111031413-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Meskipun pendekatan STEM dianggap relevan dalam meningkatkan keterampilan abad 21, namun penerapannya dalam seko1ah inklusif masih menghadapi berbagai kendala. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi STEM dan permasalahannya, serta mendeskripsikan penyebab permasalahan guru untuk mengimplementasikan STEM di sekolah Dasar inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Teknik analisis data dari Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan STEM masih belum optimal. Di kelas 4, kegiatan pembelajaran tentang materi perubahan wujud zat dilakukan dengan metode ceramah dan tanya jawab. Pada pembelajaran di kelas 5 dan 6, pembe1ajaran sains pernah diajarkan dengan STEM, tetapi jarang dilakukan, seperti pada materi peristiwa alam dengan membuat gunung meletus menggunakan alat dan bahan sederhana, mengajarkan materi sistem tata surya dengan membuat miniatur sistem tata surya. Namun unsur - unsur STEM belum sepenuhnya terintegrasi dalam proses pembelajaran tersebut. Hal ini terjadi karena lemahnya pemahaman STEM, kesulitan mengelola kelas inklusi, kesulitan komunikasi dengan bahasa isyarat, dan minimnya fasilitas pendukung. Penyebab dari permasalahan tersebut antara lain, minimnya pelatihan profesional guru tentang STEM, lemahnya kompetensi pedagogi guru, dan kurangnya pelatihan bahasa isyarat pada guru.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi STEM, Permasalahan Guru Inklusi, Pendidikan Inklusif, Seko1ah Dasar. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
| Depositing User: | Ni Made Candra Kurnia Dewi |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 00:52 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 00:52 |
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27335 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
